News  

Pj gubernur nilai Mamuju miliki posisi strategis sebagai penyangga IKN

Mamuju (ANTARA) – Penjabat Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik, menilai, Kabupaten Mamuju memiliki posisi strategis sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur.

“Mamuju punya posisi strategis karena berasa di depan IKN, apalagi Kepulauan Bala-Balakang,” kata dia, pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Mamuju tentang Hari Jadi ke-482 Mamuju, Kamis.

“Saya melihat Kepulauan Balak-balakang daerah luar biasa dan sekarang potensinya paling bagus karena berada di depakan IKN, ” katanya.

Baca juga: Desa di Kalsel siap jadi penyangga IKN Nusantara

Pemerintah Kabupaten Mamuju lanjutnya, harus mempersiapkan diri sebagai penyangga IKN, apalagi Kepulauan Bala-Balakang menjadi daerah terdekat dengan IKN.

Untuk mempersiapkan itu, dia berharap kolaborasi dan sinergi semua pihak agar itu bisa tercapai. “Mamuju harus bersinergi, berkolaborasi untuk menjadi penopang IKN, bagaimana mendorong Mamuju sebagai penopang utama IKN,” kata dia.

“Tantangan kita ke depan HUT Mamuju, untuk melakukan muhasabah apakah peran Mamuju ke depan akan kita tingkatkan menjadi lebih hebat. Ini menjadi tantangan , dan kita berharap DPRD membaca ini,” kata dia.

Baca juga: IKN pindah dinilai akan tumbuhkan kota-kota penyangga

Penetapan hari jadi Mamuju menurutnya, bukan perjuangan yang mudah, butuh waktu cukup panjang dan melibatkan banyak tokoh.

“Sehingga momentum ini harus dimaknai sebagai bentuk muhasabah dan introspeksi diri sejauh mana daerah melaksanakan kewajiban sebagai pemerintah daerah,” ucap dia.

Pada kesempatan itu, dia mengajak seluruh pihak untuk melihat apakah ikhtiar dari upaya bersama yang sudah dilakukan sebagai daerah otonom, walau dia mengapresiasi berbagai pencapaian yang telah diraih Pemerintah Kabupaten Mamuju.

Baca juga: Gubernur Kalteng ingin bangun universitas di wilayah DAS Barito

Sementara itu, Bupati Mamuju, Sitti S Suhardi, mengatakan, berbagai tantangan dan dinamika yang dihadapi di masa pemerintahannya. “Mulai dari pandemi dan gempa, semua itu tidak menyurutkan langkah dalam rencana pembangunan visi Mamuju Keren dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Mamuju,” kata dia.

Ia optimistis, Mamuju terus tumbuh meski di tengah keterbatasan yang dimiliki, salah satu pencapaian yang cukup berarti, yaitu Mamuju telah menyandang sebagai daerah Universal l Health Coverage/UHC dari BPJS.

Baca juga: Gubernur: Pemerintah pusat dukung Sulteng jadi penyangga IKN

“Kita telah mampu UHC, hampir semua masyarakat Mamuju telah dijamin melalui BPJS kesehatan. Sehingga kami dapat menjamin masyarakat tidak lagi harus takut untuk berobat melakukan karena semua sudah ditanggung pemerintah,” jelas dia.

Bupati juga mengajak semua pihak untuk ikut mensukseskan Pekan Manakarra, sebagai upaya membuka ruang promosi wisata agar dapat meningkatan perekonomian di Mamuju.

Baca juga: Pemerintah diminta prioritaskan pertanian di Penajam penyangga IKN

Pewarta: Amirullah
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!