News  

Macam Alat Kesehatan: Penjelasan, Fungsi & Gambar HD

Macam Alat Kesehatan

Alat Kesehatan adalah peralatan yang digunakan untuk tindakan medis dalam dunia kedokteran baik itu untuk mencegah, mendiagnosis, mengobati/menyembuhkan, meringankan, merawat serta memulihkan orang sakit atau bisa juga untuk memperbaiki fungsi tubuh manusia termasuk tindakan implan.

Alat kesehatan tersebut masih akan digolongkan menjadi beberapa bagian berdasarkan sifat pemakainya, fungsi/kegunaan, bentuk, penyimpanan dan sebagainya sesuai dengan Kepmenkes RI No 116/SK/1979. Bahan atau unsur pembuat alat kesehatan juga sangat bervariasi, ada yang terbuat dari logam, karet, plastik, besi, kaca, kain yang pastinya telah didesain khusus sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah kumpulan berbagai macam alat kesehatan medis lengkap.

Stetoskop

Alat-alat kesehatan tentunya sangat banyak jenisnya, salah satu yang paling sering didengar oleh masyarakat tentu saja stetoskop. Alat ini digunakan oleh para dokter dan perawat untuk mengetahui suara pergerakan lambung dan usus, suara detak jantung, dan berbagai suara di dalam tubuh yang lain.

Apabila suara yang dihasilkan terdengar tidak normal, maka kemungkinan besar pasien tersebut mengalami kelainan tertentu di dalam tubuhnya dan dokter mampu mendiagnosis penyakit yang diderita dengan stetoskop itu. Sehingga, hasil diagnosis yang mereka dapat pun bisa semakin akurat.

Termometer

Selain stetoskop, termometer juga termasuk dalam alat alat kesehatan yang sudah erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat sehari-hari. Termometer dipakai untuk mengetahui suhu yang ada di dalam tubuh dan terdiri atas berbagai jenis, mulai dari termometer inframerah, termometer digital, dan termometer air raksa.

Alat Suntik

Hampir semua orang sudah familiar dengan salah satu contoh alat alat kesehatan yang satu ini. Alat suntik umumnya dipakai untuk memasukkan gas atau cairan tertentu ke dalam tubuh pasien, dan biasanya disuntikkan langsung ke pembuluh darah agar cairannya segera mengalir ke semua anggota tubuh.

Kursi Roda

Kursi roda termasuk ke dalam alat alat kesehatan yang mampu membantu pasien untuk bergerak dan memiliki kesulitan ketika berjalan dengan normal. Umumnya kursi roda terdiri atas dua jenis, yakni kursi roda manual dan elektrik. Pasien yang tidak mampu berjalan lagi pun bisa berpindah tempat dengan bebas ketika menggunakan alat ini.

Pulse Oximeter

Alat kesehatan yang satu ini berfungsi untuk mengetahui kondisi kesehatan pasien yang mengalami permasalahan pada jantung atau pernapasan mereka. Cara kerjanya pun cukup mudah sebab alat ini mampu mengukur kadar kepekatan oksigen yang ada di dalam darah. Hasil pengukuran yang didapat akan tampil di dalam layar kecil dalam bentuk persentase.

Masker Oksigen

Bagi pasien yang mengalami kesulitan dalam bernapas, maka alat kesehatan yang dipakai adalah masker oksigen. Masker yang satu ini terbuat dari bahan lentur yang sudah memenuhi standar pada kualitas medis. Masker oksigen pun sudah dilengkapi dengan selang sehingga pasien mampu menerima oksigen dengan lebih lancar.

Ranjang Pasien

Ketika pasien ingin beristirahat, tentu membutuhkan sebuah ranjang pasien yang mampu mereka pakai terlebih ketika sedang menjalani proses rawat inap di rumah sakit. Kini, ranjang pasien terdiri atas dua macam yakni ada yang memakai sistem elektrik maupun manual. Ranjang elektrik biasanya dipakai oleh pasien yang berada pada kelas paling tinggi.

Baca Juga : alat laboratorium

Tensimeter

Sesuai dengan namanya, tensimeter dipakai untuk mengukur tensi atau tekanan darah di dalam tubuh. Dokter akan memakai alat ini untuk mengetahui apakah tekanan darah yang ada pada tubuh pasien berada pada kondisi normal atau tidak agar mereka bisa mendiagnosis dengan lebih lanjut. Kini, tensimeter juga bisa digunakan di rumah biasa dalam bentuk tensimeter digital.

Infusion Pump

Pompa elektronik ini biasanya ditemukan pada ruang ICU dan mampu mengontrol kecepatan cairan infus agar jumlah alirannya selalu terkontrol. Salah satu kelebihan utama yang dimiliki oleh alat kesehatan ini yaitu mampu mencegah terjadinya gangguan pada saluran infus yang kemungkinan besar dapat membahayakan pasiennya.

Medical Ventilator

Medical ventilator merupakan alat yang mampu membantu mempertahankan pernapasan pasien dengan cara mendukung ventilasi udara yang ada. Alat ini memang dirancang sedemikian rupa agar mampu menggantikan kinerja paru-paru dengan memberi pernapasan otomatis pada pasien sehingga mereka pun bisa bernapas dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!