News  

Kemarin, cacar monyet hingga akselerasi vaksinasi

Jakarta (ANTARA) – Pada Minggu (24/7) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memutuskan cacar monyet global merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 melaporkan kasus konfirmasi positif terinfeksi virus corona harian di Indonesia bertambah sebanyak 4.071 orang hingga Minggu siang.

Selain itu ada warta mengenai kebijakan akselerasi untuk meningkatkan cakupan vaksinasi secara nasional yang dapat disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

1. WHO: Cacar monyet berstatus darurat kesehatan masyarakat internasional

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memutuskan cacar monyet global merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

Direktur Jendral WHO Tedros Adhanom Gebreyesus dalam sambutan tertulisnya diikuti di Jakarta, Minggu, mencatat sebulan yang lalu ada 3.040 kasus cacar monyet dari 47 negara telah dilaporkan ke WHO.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

2. Kebijakan akselerasi untuk pacu vaksinasi nasional

Penurunan minat masyarakat terhadap program vaksinasi COVID-19 di Tanah Air yang terjadi sejak 3 Mei 2022 hingga sekarang, telah menyita perhatian pemerintah seiring tren peningkatan kasus subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

Dilansir dari laporan terakhir situasi harian COVID-19 per 21 Juli 2022, cakupan vaksinasi yang cukup tinggi tahun ini berlangsung pada pekan pertama Januari mencapai 1,8 juta lebih jiwa lebih hingga 26 April 2022 berkisar 1 juta jiwa lebih.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

3. Satgas COVID-19 laporkan kasus positif harian RI sebanyak 4.071 orang

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 melaporkan kasus konfirmasi positif terinfeksi virus corona harian di Indonesia bertambah sebanyak 4.071 orang hingga Minggu siang

Menurut data Satgas Penanganan COVID-19 di Jakarta, Minggu, DKI Jakarta menyumbang kasus positif harian terbanyak yakni 2.151 orang, dibandingkan wilayah lainnya yang kurang dari 1.000 kasus.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

4. Pakar: Perlu kewaspadaan nasional pada penularan penyakit cacar monyet

Mantan Direktur Penyakit Menular Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Asia Tenggara Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan saat perlu kewaspadaan nasional terhadap penularan penyakit monkey pox atau cacar monyet.

“Kita perlu meningkatkan kewaspadaan nasional terhadap kemungkinan penularan antara negara dari penyakit Monkey Pox ini,” ujar Tjandra dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Minggu.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

5. Kemenag Tangerang pastikan haji yang pulang dalam kondisi sehat

Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang, Banten memastikan jamaah haji asal wilayah itu yang pulang atau tiba ke Tanah Air dalam kondisi sehat dan tidak ada yang menjalani perawatan.

“Jamaah haji asal Kabupaten Tangerang dipastikan kondisinya sehat semua,” ucap Kepala Seksi Pelaksanaan Haji dan Umrah Kemenag Tangerang, Iwan Kurniawan di Tangerang, Minggu.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!