News  

Festival dribel berlangsung semarak tutup tur trofi FIBA Asia Cup 2022

Festival Dribble Trophy Tour FIBA Asia Cup 2022 hadir untuk merayakan itu sekaligus untuk mendukung timnas Indonesia berlaga di FIBA Asia Cup 2022

Jakarta (ANTARA) – Festival dribel bola basket yang menutup tur trofi FIBA Asia Cup 2022 di halaman Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu, berlangsung semarak.

Kegiatan kali ini merupakan ajang mengumpulkan pencinta bola basket untuk mendukung tim nasional basket Indonesia berlaga di FIBA Asia Cup 2022.

Masyarakat secara bersama-sama mendribel bola basket dengan koreografi yang dipandu oleh sejumlah freestyler dengan komando dari streetballer legendaris Indonesia Richard Insane.

Baca juga: Festival dribel tutup rangkaian tur trofi FIBA Asia Cup 2022

Sejumlah selebritas yang juga dikenal menggemari bola basket seperti Udjo Project Pop, Asri Welas, Andovi da Lopez, dan Jovial da Lopez turut memeriahkan kegiatan kali ini.

Matahari yang mulai meninggi tak menghalangi mereka melempar senyum dan tawa saat mengikuti koreografer dribel dari para freestyler di atas panggung.

Festival dribel ini diakhiri dengan melempar bola basket ke udara. Namun acara belum selesai.

Rapper Tuan Tigabelas berikutnya menguasai panggung dan mengajak para peserta bergoyang bersama mengikuti lagu-lagu yang ia nyanyikan.

Acara kemudian diakhiri oleh fun game 3×3 yang melibatkan para selebritas dengan dua pebasket nasional Kelvin Sanjaya dan Aldy Izzatur Rachman, serta Ketua Panitia Pelaksana FIBA Asia Cup 2022 Junas Miradiarsyah.

Baca juga: China tiba di Jakarta untuk Piala FIBA Asia 2022

“Kegiatan ini merupakan bagian dari trophy tour. Di sini kami merayakan dan mengelorakan semangat untuk kebangkitan basket Indonesia. Ajang ini bukan milik sebagian pihak saja, tapi ini acara seluruh pecinta basket Indonesia, makanya kita berkumpul dalam konsep festival merayakan kebersamaan kita,” kata Junas dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Dia juga mengatakan pandemi COVID-19 sempat menghentikan aktivitas bola basket di dalam negeri. Setelah pandemi mereda, para penggemar bola basket sudah bisa berkumpul lagi.

“Festival Dribble Trophy Tour FIBA Asia Cup 2022 hadir untuk merayakan itu sekaligus untuk mendukung timnas Indonesia berlaga di FIBA Asia Cup 2022,” ujar Junas menambahkan.

Sementara Kelvin Sanjaya menilai festival dribel ini bagus untuk makin meningkatkan euforia sebagai tuan rumah FIBA Asia Cup 2022.

“Acara ini bagus untuk suporter kita, mengajak mereka ikut menonton dan mendukung timnas kita. Menurut saya, dukungan dari suporter kita sangat penting,” kata Kelvin.

Baca juga: Derrick Michael 100 persen percaya diri tatap FIBA Asia Cup 2022

Tur trofi FIBA Asia Cup 2022 telah berlangsung sejak 4 Juli mengelilingi beberapa titik di Jakarta, mulai dari Pos Bloc, Bundaran HI, Monumen Nasional (Monas), Kota Tua, Stasiun MRT Istora Mandiri, Gelora Bung Karno sebelum dipamerkan di Gedung Sarinah pada Jumat (8/7) yang menjadi titik terakhir rangkaian tur.

Setelah diperkenalkan ke publik, trofi FIBA Asia Cup akan disimpan di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta untuk diperebutkan oleh 16 tim peserta kejuaraan bola basket Asia dua tahunan itu.

Indonesia akan mengawali fase penyisihan Grup A Piala FIBA Asia 2022 melawan Arab Saudi pada 12 Juli, sebelum bertemu lagi dengan Yordania pada 14 Juli.

Tim Merah Putih selanjutnya akan menghadapi sang juara bertahan Australia pada 16 Juli.

Indonesia harus finis peringkat delapan besar dari 16 tim peserta Piala FIBA Asia 2022 demi mengamankan satu tempat ke Piala Dunia FIBA 2023, yang juga akan digelar di Jakarta dan dua kota lainnya di Jepang dan Filipina.

Baca juga: Marques Bolden 100 persen fit untuk Piala FIBA Asia 2022

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!