News  

Nilai Luhur dalam Pembukaan UUD 1945

Suara.com – Salah satu bagian terpenting dalam kemerdekaan bangsa Indonesia adalah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yang memuat banyak sekali nilai di dalamnya. Pembukaan UUD 1945 ini masih relevan hingga sekarang, dan menjadi acuan berbagai pihak dalam menentukan sikap berbangsa dan bertanah air.

Terbagi dalam empat alinea berbeda, masing-masing memiliki nilai yang tersirat dan tersurat di dalamnya. Jika dicermati, Anda juga bisa menjadikan nilai-nilai ini pegangan yang baik, sehingga dapat pula mengamalkannya di kehidupan nyata.

Berikut penjelasan nilai Pembukaan UUD 1945 yang bisa dibagikan.

Pada Alinea Pertama

Baca Juga:
Habib Bahar bin Smith: NKRI Harga Mati

Nilai yang terkandung dalam bagian pertama ini adalah motivasi, dasar, serta pembenaran perjuangan bangsa Indonesia. Hal ini tersurat jelas pada bagian “Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”.

Secara jelas juga dapat terlihat di dalamnya bahwa bangsa Indonesia menjunjung tinggi perikemanusiaan dan perikeadilan.

Pada Alinea Kedua

Pada alinea kedua, nilai yang terkandung adalah cita-cita bangsa Indonesia. Keinginan untuk merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur tercantum jelas di sana.

Tentu, ini juga yang menjadi pegangan bangsa untuk memiliki satu tujuan jelas seperti yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 ini.

Baca Juga:
MK Tolak Uji Materi UU Narkotika Soal Ganja Medis Buat Kesehatan, Penggugat: Apa Solusi Dari Pemerintah?

Pada Alinea Ketiga

Dalam alinea ketiga ini tercantum nilai untuk petunjuk dan tekad dalam pelaksanaan apa yang disampaikan di poin pertama dan kedua. Pada bagian ini bangsa Indonesia juga menyebutkan secara nyata bahwa apa yang diperjuangkannya diberkati oleh rahmat Allah yang Maha Kuasa, dan keinginan luhur masyarakat Indonesia.

Pada Alinea Keempat

Di bagian terakhir ini tercantum jelas tugas negara dan tujuan nasional bangsa Indonesia. Mulai dari susunan negara, hingga ke dasar negara yang digunakan dalam kehidupan berbangsa dan bertanah air yakni Pancasila.

Nilai luhur terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 seperti yang dicantumkan di atas. Jelas, jika dibaca lebih teliti dan dipahami lebih mendalam, akan lebih banyak nilai yang tersirat di dalamnya.

Semoga artikel singkat tentang Pembukaan UUD 1945 ini bisa membawa manfaat untuk Anda, dan selamat melanjutkan aktivitas Anda!

Kontributor : I Made Rendika Ardian


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!