WHO deklarasikan wabah cacar monyet sebagai darurat global

Di Afrika, cacar monyet terutama menyebar ke manusia melalui hewan liar yang terinfeksi seperti tikus dalam wabah terbatas yang biasanya tidak melintasi perbatasan. Namun, di Eropa, Amerika Utara dan di tempat lain, cacar monyet menyebar di antara orang-orang yang tidak memiliki hubungan dengan hewan atau baru-baru ini bepergian ke Afrika.

Pakar cacar monyet dari WHO Rosamund Lewis mengatakan minggu ini, bahwa 99% dari semua kasus cacar monyet di luar Afrika terjadi pada pria dan dari jumlah tersebut, 98% melibatkan pria yang berhubungan seks dengan pria. Para ahli menduga wabah cacar monyet di Eropa dan Amerika Utara menyebar melalui hubungan seks.

“Meskipun saya menyatakan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional untuk saat ini, ini adalah wabah yang terkonsentrasi di antara pria yang berhubungan seks dengan pria, terutama mereka yang memiliki banyak pasangan seksual,” kata Tedros. “Itu berarti bahwa ini adalah wabah yang dapat dihentikan dengan strategi yang tepat.”

Inggris baru-baru ini menurunkan penilaiannya tentang cacar monyet setelah melihat tidak ada tanda-tanda penularan yang meluas di luar pria yang gay, biseksual atau berhubungan seks dengan pria lain dan mencatat bahwa penyakit itu tidak menyebar dengan mudah atau menyebabkan penyakit parah.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengatakan “mendukung” deklarasi darurat WHO dan berharap itu akan mendorong tindakan internasional untuk membasmi wabah. AS telah melaporkan lebih dari 2.800 kasus cacar monyet dan mengirim lebih dari 370.000 dosis vaksin ke negara bagian AS yang melaporkan kasus.

Beberapa ahli mempertanyakan apakah deklarasi seperti itu akan membantu, dengan alasan penyakit itu tidak cukup parah untuk mendapat perhatian dan bahwa negara-negara kaya yang memerangi cacar monyet sudah memiliki dana untuk melakukannya. Apalagi ebanyakan orang sembuh tanpa memerlukan perhatian medis.

Seorang peneliti senior dalam kesehatan global di Universitas Southampton Michael Head mengatakan, deklarasi darurat WHO dapat membantu donor seperti Bank Dunia menyediakan dana untuk menghentikan wabah baik di Barat maupun di Afrika.

Di AS, beberapa ahli berspekulasi apakah cacar monyet mungkin akan menjadi penyakit menular seksual yang mengakar di negara itu, seperti gonore, herpes, dan HIV.

“Intinya adalah kita telah melihat pergeseran epidemiologi cacar monyet di mana sekarang ada penularan yang meluas dan tidak terduga,” kata seorang profesor kesehatan masyarakat dan epidemiologi di Universitas Yale Albert Ko. “Ada beberapa mutasi genetik pada virus yang menunjukkan mengapa itu bisa terjadi, tetapi kami membutuhkan respons yang terkoordinasi secara global untuk mengendalikannya.”

Ko menyerukan agar pengujian segera ditingkatkan, dengan mengatakan ada kesenjangan yang signifikan dalam pengawasan.

“Kasus yang kami lihat hanyalah puncak gunung es,” katanya. “Jendela mungkin telah ditutup bagi kami untuk segera menghentikan wabah di Eropa dan untuk AS, tetapi belum terlambat untuk menghentikan cacar monyet agar tidak menyebabkan kerusakan besar pada negara-negara miskin tanpa sumber daya untuk menanganinya.”

Tedros dari WHO menyerukan dunia untuk “bertindak bersama dalam solidaritas” mengenai distribusi perawatan, tes, dan vaksin. untuk cacar monyet. Badan PBB sebelumnya mengatakan sedang bekerja untuk menciptakan mekanisme pembagian vaksin untuk negara-negara yang paling terkena dampak, tetapi menawarkan beberapa rincian tentang cara kerjanya. Tidak seperti banyak perusahaan yang membuat vaksin Covid-19, hanya ada satu pembuat vaksin yang digunakan untuk melawan cacar monyet, Bavarian Nordic Denmark.

Sumber : Associated Press


Artikel ini bersumber dari www.alinea.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!