Sukses Digelar! Yuk, Intip Ragam Insight Networking Party Bareng TikTok

Merdeka.com – Rangkaian kampanye #SerunyaBelajar Ada di Tiktok yang dimulai dari tanggal 27 Juni hingga 10 Juli 2022, sukses digelar. Lewat kampanye ini, TikTok ingin mendorong terciptanya konten edukasi yang seru dan informatif dari komunitas platform video pendek tersebut.

‘Networking Party’ menjadi acara puncak dari rangkaian kampanye #SerunyaBelajar Ada di Tiktok. Acara ini dilakukan selama dua hari, pada tanggal 9 dan 10 Juli 2022 ini diselenggarakan di M Bloc Space, Jakarta. Acara tersebut menghadirkan TikTok Master Educator dan TikTok Edu Creator yang concern dengan dunia pendidikan dan kreativitas anak muda.

Selama dua hari, ‘Networking Party’ berhasil mendapatkan atensi yang luar biasa dari para pengunjung. Mereka silih berganti hadir memenuhi Live House M Bloc Space untuk mengikuti Networking Party tersebut.

1. Banyak Insight di Hari Pertama

005 fachri darmawan

Networking Party #SerunyaBelajar Ada di Tiktok’ berlangsung pada 9 dan 10 Juli di Mbloc, Jakarta Selatan. ©2022 Merdeka.com

Sesi pertama yang dilakukan pada Sabtu (9/7/2022) dibuka oleh Rachel Amanda. Ia mengisi sesi Networking Party dengan tema, “Menjadi Kreatif dengan Merangkul Sisi Rapuh”. Ia membagikan pengalamannya dalam melawan sisi kerapuhan dirinya untuk bisa berkarya.

“Kreatifitas itu butuh ketidakpastian supaya ruang eksplorasi kita jadi lebih besar, resiko, pasti ada resikonya karena kita nggak tahu apa yang kita bikin bakal ditangkap orang seperti apa. Emotional exposure ternyata berpengaruh dengan kreatifitas,” kata Aktris sarjana psikologi yang dikenal jaim ini.

Setelah Rachel Amanda, Pak Win atau yang kerap dikenal sebagai @asahpolapikir memberikan tiga kunci sukses dalam memulai bisnis dalam sesi yang diberi tajuk, “Cerdas Memulai Bisnis”. Bagi konten kreator TikTok yang sering mengulas terkait bisnis ini, peluang, faktor krusial dan kolaborasi menjadi tiga kunci utama.

“Bagi saya, ada tiga kunci bisnis itu bisa sukses. Di dalam peluang, kalian harus pantau bisnis di daerah berbeda, analisa apa yang kurang dari bisnis kalian, dan network dengan pengusaha yang lain. Setelah peluang sudah didapat, kalian harus fokus ke ide, cari partner yang tepat, tes pasar, dan mau beradaptasi,” ungkapnya.

“Dan satu lagi, kalian harus pertimbangkan kolaborasi dalam bisnis yang dimulai untuk menciptakan sinergi,” tutup Pak Win.

005 fachri darmawan

Networking Party #SerunyaBelajar Ada di Tiktok’ berlangsung pada 9 dan 10 Juli di Mbloc, Jakarta Selatan. ©2022 Merdeka.com

Sesi ketiga di hari pertama diisi oleh Vina Muliana (@vmuliana). Konten Kreator TikTok idaman para jobseeker ini memberikan tips persiapkan karir dengan cerdas. Menurutnya, ada tiga rencana karir yang paling penting untuk dilakukan.

“Kalian harus persiapkan ketiganya supaya karir bisa gemilang. Clarity, connections, dan competitiveness. Kalian harus identifikasi jalur masa depan seperti apa, bangun hubungan dengan karyawan yang lain dan alumni, dan tonjolkan kemampuan untuk dijadikan sebagai daya jual kalian,” kata perempuan yang pernah bekerja sebagai jurnalis ini.

Sesi penutup dalam Networking Party hari pertama diisi oleh Anton Ismael (@antonismael_). Penggagas Kelas Pagi ini memberikan insight yang sangat menarik terkait dengan pengembangan diri. Dalam era mabuk visual yang massif seperti sekarang, originalitas menjadi bias. Dengan itu, orang semakin tidak mengenal dirinya sendiri. Bagi Pa’e, sapaan akrab Anton Ismael, kondisi seperti itu tidak jadi halangan dalam mengembangkan diri.

“Kita harus berani bergerak maju. Ketika maju selangkah, kita akan melihat sekeliling kita dari koordinat yang berbeda dan memiliki pemahaman yang luas terhadap sebuah kondisi. Di situ, kita akan menemukan kreativitas di tengah bias originalitas buat ngembangin diri kita sendiri,” ujar Pa’e.

2. Ragam Insight Hari Kedua

001 fachri darmawan

Erika Richardo saat mengisi acara Networking Party #SerunyaBelajar Ada di Tiktok’ berlangsung pada 9 dan 10 Juli di Mbloc, Jakarta Selatan. ©2022 Merdeka.com

Ramai dan penuh. Begitulah kondisi Live House M Bloc Space di hari kedua saat ‘networking party’ berlangsung. Sesi di hari kedua, diawali oleh Merry Riana (@merryriana). Motivator dalam bidang bisnis ini memberikan insight terkait dengan bagaimana “Berbahagia dengan Kreativitas yang Tepat untuk Dunia”.

Untuk menciptakan sebuah kreativitas yang bisa mengembangkan diri sendiri, menurut Merry, ada 3C yang harus dijalankan.

“Ada 3C yang harus dipraktekkan. Clarity, courage, dan consistency. Kalian harus memiliki kejelasan tujuan buat ke depannya, lalu harus ada keberanian untuk mencoba, agar kita bisa mengaplikasikan apa tujuan kita, dan yang terakhir, konsisten. Semua hal itu, harus kalian jalani secara terus-menerus, dan selalu ingat motif awalnya, agar tetap disiplin dengan tujuan,” jelaanya.

Mengisi sesi kedua dalam ‘networking party’ hari ini, ada Urrofi (@urrofi) yang terkenal karena sering membuat video vertikal dalam konten TikToknya. Urrofi mengingatkan tentang apa sebetulnya esensi dari video vertikal yang saat ini makin digandrungi.

“Esensi yang harus diingat untuk para konten kreator adalah, video vertikal ini lebih intim dibandingkan dengan landscape atau yang pada umumnya. Intimacy jadi kunci dalam membuat video vertikal,” tegas Urrofi.

Sesi ketiga diisi oleh Erika Richardo (@erikarichardo) konten kreator TikTok yang kerap membuat konten melukis. Dalam sesi ini, Erika mengajak para pengunjung yang hadir untuk tidak takut akan kegagalan.

“Kalian harus coba. Buat konten tentang apa aja. Karena kalau nggak coba, nggak akan mendapatkan ilmu baru yang bisa ngembangin diri kalian,” katanya.

001 fachri darmawan

©2022 Merdeka.com

TikTok Master Educator Garin Nugroho saat mengisi acara Networking Party #SerunyaBelajar Ada di Tiktok’ berlangsung pada 9 dan 10 Juli di Mbloc, Jakarta Selatan. ©2022 Merdeka.com

Networking Party di hari terakhir ditutup oleh sutradara kondang, Garin Nugroho. Ia menjelaskan secara filosofis dan mendalam bagaimana kita bisa menciptakan sebuah karya yang baik dan dapat menjadi storyteller yang menarik. Garin pun memberikan insight jurus dalam menciptakan itu.

“Hidup di era sekarang adalah hidup dengan jurus digital nomad. Kalian harus mencari dan menemukan makna hidup dari perjalanan yang dilalui. Ruang kreatif kita ini begitu luas, ada ruang heritage, populer, dan alternatif. Itu semua bisa kalian dalami untuk menciptakan sebuah kreativitas,” tutup sutradara Film Guru Bangsa Tjokroaminoto ini.

Akhirnya, kampanye #SerunyaBelajar Ada di Tiktok, sukses digelar. Acara offline yang berlangsung di M Bloc Space, juga telah usai. Banyak inspirasi yang lahir dari Networking Party, untuk membantu mengembangkan diri. Nah, buat kamu yang ketinggalan dan ingin mencari informasi seputar konten-konten inspiratif dan menghibur di TikTok serta ingin mengetahui lebih lanjut terkait #SerunyaBelajar Ada di TikTok, kamu bisa mengunjungi tautan ini ya!

[fah]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!