Putra Mahkota Keraton Surakarta Undang Gibran Ikut Kirab 1 Suro

Merdeka.com – Menjelang peringatan Malam 1 Suro, Putra Mahkota Keraton Kasunanan Surakarta Kanjeng Pangeran Adipati Anom (KPAA) Hamangkunegoro Sudibya Rajaputra Narendra Mataram bertandang ke kantor Wali Kota Solo, Selasa (26/7). Pemuda bernama asli Purbaya itu mengundang Gibran Rakabuming Raka untuk mengikuti Kirab Malam 1 Suro.

“Hari ini saya memberikan undangan untuk Mas Gibran. Saya harap beliau datang pada tanggal 29 Juli 2022,” ujar putra Paku Buwono XIII itu.

Menurut rencana, tradisi Kirab Malam 1 Suro Keraton Kasunanan akan digelar Jumat (29/7) malam hingga Sabtu (30/7) dinihari. Rute yang akan ditempuh dari depan Kori Kamandungan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat menuju Supit Urang barat, mke Gladag, Jalan Mayor Kusmanto, Jalan Kapten Mulyadi, Veteran, Yos Sudarso, Slamet Riyadi, kemudian kembali ke keraton.

“Rutenya masih sama, seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata KPAA Hamangkunegoro.

Terkait keikutsertaan kebo bule, ia belum bisa memastikan. Karena saat ini klangenan PB XIII itu sedang menjalani masa pemulihan dari Penyakit Kuku dan Mulut (PMK).

“Ada 7 kerbau keturunan Kiai Slamet yang terpapar PMK. Kami sudah dibantu dari dinas terkait perawatan dan semoga bisa lekas pulih kerbaunya sehingga bisa dikeluarkan saat kirab,” kata KPAA Hamangkunegoro.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku akan datang ke keraton. Pihaknya telah memerintahkan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Solo (DPKPP) untuk melakukan vaksin pada kerbau keturunan Kiai Slamet milik Keraton Kasunanan.

“Kami akan pantau dulu sampai 3 hari ke depan mana-mana kebo yang fit untuk kirab,” jelasnya.

Menurut dia, untuk menunjukkan bahwa Kota Solo dalam keadaan aman. Masyarakat boleh ikut meramaikan setelah selama 2 tahun sebelumnya digelar secara terbatas.

“PMK itu tidak menular ke manusia, jadi nanti pas kirab bisa dikeluarkan dan masyarakat tidak perlu takut. Kami juga sudah tidak membatasi lagi event-event seperti ini,” pungkas Gibran. [ded]

Baca juga:
Kirab Malam 1 Suro Keraton Surakarta Tahun Ini Digelar Tanpa Kebo Bule
Dalang di Gunungkidul Sebut Pandemi Covid-19 Segera Berakhir, Begini Penjelasannya
Kebo Bule Pimpin Kirab Malam 1 Suro Keraton Surakarta
Kirab Laku Bisu Pura Mangkunegaran
Ratusan Orang di Makassar Gelar Pawai Rayakan Tahun Baru Islam
Rayakan 1 Sura, Jolen Dilarung di Pantai Srandil Cilacap


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!