Pertumbuhan Ekonomi Kreatif Jateng Disebut Tidak Lepas dari Sosok Ganjar dan Sandiaga

Merdeka.com – Sejumlah pelaku ekonomi kreatif mengaku pertumbuhan sektor niaga yang mengandalkan ide dan pengetahuan tersebut di Jawa Tengahtidak lepas dari peran Gubernur Ganjar Pranowo dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Hal ini terungkap dalam diskusi bertajuk ‘Kawula Muda Jawa Tengah Holopis Kuntul Baris’ dengan topik pembahasan seputar percepatan pemulihan ekonomi nasional melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, digelar di Solo pada Sabtu kemarin.

Salah satu peserta Rizaldy dari komunitas otomotif di Solo menuturkan, beberapa kegiatan ekonomi kreatif di Kota Solo didukung oleh Ganjar.

“Beberapa event lalu seperti SIPA 2021 Festival Seni Pertunjukan, Creavest 2.0 Solo Creative Fest 2021, Solo Keroncong Festival 2021,” ujar Rizaldy.

Dalam diskusi tersebut, puluhan peserta dari berbagai bidang usaha, pelajar dan mahasiswa di Kota Solo juga membahas tentang bagaimana peranan generasi muda terlibat aktif dalam proses pemulihan ekonomi dan mendukung program-program pemerintah yang sejalan dengan latar belakang mereka.

Peserta lainnya, Antik menuturkan pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pun turut menghidupkan ekosistem ekonomi kreatif di Jateng.

“Saya bersyukur karena Mas Menteri Sandiaga Uno sangat konsen dengan bidang pekerjaan yang kami geluti. Dulu kami hanya tahu istilah ekonomi kreatif itu musik, seni lukis, seni tari, dan fesyen, tapi karena program beliau kami jadi tahu bahwa kita punya 17 sub sektor ekonomi kreatif yang luar biasa dan potensinya layak untuk bersaing dengan pasar internasional,” ujar Antik.

Sementara itu, salah satu sineas muda bernama Zelyta menilai Sandiaga mampu mengurai problem anak muda dengan gayanya yang asyik dan santai.

“Contohnya seperti bagaimana beliau menggerakkan para sineas muda di Nusantara dengan membuat Festival Film Bulanan yang sangat membuat kami pelaku perfilman mendapatkan angin segar baik dari segi promosi, pendampingan, dan tentunya reward nantinya jika kami memenangkannya,” tutur Zelyta.

Berbagai bentuk dukungan dari pemerintah ini pun membuat para pelaku ekonomi kreatif di Kota Solo berharap Ganjar Pranowo dan Sandiaga Uno menjadi sosok pemimpin di masa depan.

“Pak Ganjar dan Pak Sandi sangat cocok sekali apalagi mereka peduli banget sama UMKM, anak muda. Buat Indonesia kayanya keren kalau mereka berdua menjadi pemimpin suatu saat nanti,” ungkap peserta lainnya, Abdul Rochim.

Dalam diskusi tersebut para generasi muda Jateng tersebut juga sepakat mendeklarasikan Gagasan (Gabungan Ganjar Sandi) untuk Indonesia dengan tagar #2024 ‘Holopis Kuntul Baris’.

[cob]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!