Permudah UKM, Ninja Xpress Tingkatkan Frekuensi Pencairan COD

Permudah UKM, Ninja Xpress Tingkatkan Frekuensi Pencairan COD

Berdasarkan survei yang dilakukan Katadata Insight Center terhadap 206 UMKM di Jabodetabek pada Juni 2020, sebanyak 88,8% pembeli online memilih pembayaran Cash-On-Delivery (COD). Namun, preferensi pembeli ini membuat UKM tertunda dalam menerima langsung arus kas dari hasil penjualan. Penundaan ini disebabkan karena transaksi harus diselesaikan dahulu sebelum aliran dana dari pembeli ke logistik pihak ketiga (3PL) sampai ke UKM.

Melihat tren ini, Ninja Xpress meningkatkan pencairan dana COD dua kali seminggu untuk memfasilitasi arus kas yang lebih sehat bagi UKM. Hasil penjualan kini diberikan kepada UKM secara penuh setiap hari Selasa dan Jumat sehingga mereka dapat mengelola perencanaan dan pelaporan keuangan dengan lebih baik.

“Layanan COD Ninja Xpress adalah salah satu layanan unggulan kami yang sering digunakan UKM. Peningkatan layanan pencairan dana COD menjadi dua kali dalam seminggu dari sebelumnya satu kali adalah wujud komitmen Ninja Xpress untuk selalu berusaha menghadirkan Respon Cepat Resolusi Tepat bagi setiap kebutuhan UKM maupun konsumen,” ujar Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress.

Andi menjelaskan, UKM yang tergabung dalam ekosistem Ninja Xpress memiliki kesempatan yang lebih besar untuk meningkatkan penjualannya dengan mengaktifkan sistem COD karena dapat menjangkau pembeli lebih banyak dan luas. Dengan adanya pencairan dana COD 2 kali seminggu diharapkan dapat membuka akses ke arus kas yang lebih cepat akan membantu UKM meningkatkan bisnis mereka.

Shipper Ninja Xpress Agen Jamu Berkah, Mustakim, mengatakan, “Sebelumnya, banyak transaksi yang sudah terjadi namun tidak dapat kami masukkan rekapan pembukuan karena uangnya belum diterima. Pencairan dana COD menjadi dua kali dalam seminggu sangat membantu arus kas bahkan pemberian bonus bagi tim sales kami karena uang lebih cepat kami terima setelah pengiriman selesai.”

Hal serupa juga dialami Syaiful dari Full Fashion. Ia mengatakan, dengan lebih cepatnya pencairan dana COD dua kali dalam seminggu langsung ke rekening, arus kas Full Fashion lebih sehat dan lebih mudah dalam pencatatan transaksi. Pihaknya juga dapat memutar dana tersebut lebih cepat untuk pengembangan bisnis agar bisa menghasilkan penjualan yang lebih banyak lagi.

Sebagai informasi, layanan COD Ninja Xpress, yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia, telah ada sejak 2018. Selain COD, Ninja Xpress juga memberikan layanan terbaik lainnya seperti regular dan same day delivery yang disesuaikan dengan berbagai kebutuhan yang berbeda bagi komunitas UKM yang sangat beragam.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!