Palestina Serahkan Peluru yang Tewaskan Jurnalis Aljazeera ke AS

Merdeka.com – Otoritas Palestina telah menyerahkan peluru yang menewaskan jurnalis ternama Palestina-Amerika, Shireen Abu Aqla, kepada pihak berwenang Amerika Serikat untuk diperiksa secara forensik, kata seorang pejabat Palestina, kemarin.

Abu Aqla dibunuh pada 11 Mei ketika sedang meliput penyerbuan yang dilakukan militer Israel di Kota Jenin, Palestina, di Tepi Barat –wilayah yang diduduki Israel.

Kematian Aqla memicu kemarahan Palestina dan kecaman dari masyarakat internasional.

“Pihak-pihak terkait di negara Palestina setuju untuk mengizinkan pihak AS menjalankan pemeriksaan pergerakan balistik peluru tersebut. Sudah diserahkan kepada mereka,” kata Akram al-Khatib, jaksa umum Otoritas Palestina seperti dikutip kantor berita Palestina, WAFA dan dilansir Antara dari Reuters, Minggu (3/7).

Belum ada komentar dari para pejabat diplomatik AS di Yerusalem.

Militer, kantor perdana menteri, dan kementerian pertahanan Israel juga belum berkomentar ketika ditanya apakah Israel akan bekerja sama dengan AS dalam penyelidikan itu. Dan jika ya, bagaimana mereka akan bekerja sama.

Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz mengatakan pada Mei bahwa Israel “siap melakukan investigasi bersama-sama dengan pihak internasional”.

Otoritas Palestina, setelah menjalankan penyelidikan tersendiri, mengatakan Abu Aqla ditembak oleh seorang tentara Israel sebagai “pembunuhan yang disengaja”.

Israel selama ini menolak tuduhan itu, dan mengatakan pihaknya sedang melanjutkan penyelidikan.

Namun, Israel mengatakan tidak bisa menentukan apakah Aqla ditembak secara sengaja oleh seorang tentara Israel atau oleh seorang gerilyawan Palestina ketika baku tembak terjadi.

Kesimpulan itu, kata Israel, tidak dapat dihasilkan jika tidak memeriksa peluru terkait –untuk memastikan apakah cocok dengan sebuah senapan yang dipakai militer Israel.

Presiden AS Joe Biden dijadwalkan bertemu secara terpisah dengan para pemimpin Palestina dan Israel selama lawatannya ke kawasan itu pada 13-16 Juli.

Gambar video memperlihatkan bahwa Abu Aqla (51 tahun) jelas-jelas mengenakan rompi biru bertuliskan “Pers” ketika ia tertembak.

Sedikitnya dua rekan Aqla, yang saat itu berada bersama sang jurnalis Aljazeera, mengatakan mereka diincar oleh penembak jitu Israel walaupun tidak sedang berada dekat satu pun gerilyawan. [pan]

Baca juga:
PBB: Jurnalis Aljazeera Shireen Abu Aqla Dibunuh oleh Tentara Israel
Investigasi: Peluru yang Bunuh Jurnalis Al Jazeera Berasal dari Militer Israel
Polisi Israel yang Serang Pemakaman Jurnalis Shireen Abu Aqla Lolos dari Hukuman
Data Mencengangkan 15 Tahun Blokade Israel, Empat dari Lima Anak Gaza Alami Depresi
Anggota Parlemen Israel Ingin Bisa Pencet Tombol Usir Orang Palestina dari Tepi Barat
Hari Pertama Kerja, Jurnalis Palestina Tewas Ditembak Tentara Israel
Palestina Minta Mahkamah Internasional Selidiki Pembunuhan Jurnalis Aljazeera
Video Baru Buktikan Tak Ada Baku Tembak di TKP Pembunuhan Jurnalis Shireen Abu Aqla
Penyelidikan Palestina Simpulkan Israel Sengaja Bunuh Jurnalis Aljazeera


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!