Palestina memberikan peluru yang menewaskan jurnalis Al Jazeera kepada ahli forensik AS

Tidak segera jelas apa yang dapat ditemukan oleh para ahli Amerika tanpa juga mempelajari senjata Israel. Juga tidak jelas apakah Israel akan menyerahkan senapan itu kepada Amerika. Militer Israel menolak berkomentar, dan Kantor Urusan Palestina Kedutaan Besar AS mengatakan “tidak memiliki informasi baru untuk ditawarkan.”

Seorang pejabat Palestina, yang berbicara dengan syarat anonim karena dia sedang membahas masalah diplomatik, mengatakan masalah itu diangkat dalam panggilan telepon antara Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan bahwa kedua belah pihak berharap untuk menyelesaikan masalah tersebut sebelum kedatangan Biden 13 Juli.

Rekonstruksi kejadian oleh AP telah memberikan dukungan kepada saksi mata yang mengatakan bahwa dia ditembak oleh pasukan Israel. Tetapi seorang ahli senjata yang diwawancarai oleh AP sebagai bagian dari rekonstruksi mengatakan bahwa tidak mungkin untuk mencapai temuan konklusif tanpa analisis forensik lebih lanjut. Para pemimpin Israel telah berulang kali mengatakan bahwa tentara tidak sengaja menargetkannya.

Abu Akleh, yang berusia 51 tahun, adalah seorang koresponden udara yang dikenal luas dan dihormati yang menjadi terkenal dua dekade lalu selama intifada kedua Palestina, atau pemberontakan, melawan pemerintahan Israel. Dia mendokumentasikan kenyataan pahit kehidupan di bawah kekuasaan militer Israel.

Polisi Israel mendapat kecaman luas dari seluruh dunia ketika mereka memukuli pelayat dan pengusung jenazah di pemakamannya di Yerusalem pada 14 Mei. Sebuah surat kabar Israel bulan lalu melaporkan bahwa penyelidikan polisi menemukan kesalahan oleh beberapa petugasnya, tetapi mengatakan mereka yang mengawasi acara tersebut akan tidak dihukum berat.

Jenin telah lama menjadi benteng pertahanan militan Palestina, dan beberapa serangan baru-baru ini di dalam wilayah Israel telah dilakukan oleh para pemuda dari dalam dan sekitar kota. Israel sering melakukan serangan militer di Jenin, yang katanya bertujuan untuk menangkap militan dan mencegah lebih banyak serangan.

Israel merebut Tepi Barat dalam perang Timur Tengah 1967 dan telah membangun pemukiman di mana hampir 500.000 orang Israel tinggal bersama hampir 3 juta orang Palestina. Palestina ingin wilayah itu menjadi bagian utama dari negara masa depan. Pembicaraan damai gagal lebih dari satu dekade lalu, dan dengan Israel sekarang dalam kampanye pemilihan baru, mereka tidak mungkin dilanjutkan dalam waktu dekat. Perdana menteri sementara, Yair Lapid, mendukung solusi dua negara dengan Palestina, tetapi partai-partai sayap kanan yang menentang kenegaraan Palestina tampaknya diposisikan untuk mendominasi pemilihan.


Artikel ini bersumber dari www.alinea.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!