Kini Turis Bisa Menjajal Mobil Listrik Toyota di Kawasan Danau Toba, Sumatra Utara

Merdeka.com – Toyota memperluas jangkauan EV Smart Mobility Project dengan mengadakan kegiatan popularisasi ekosistem kendaraan listrik di kawasan wisata Danau Toba, Sumatra Utara. Dengan ini, Toyota menjadi inisiator popularisasi ekosistem kendaraan elektrifikasi di Pulau Sumatera.

Dalam proyek ini, Toyota menempatkan 10 unit Full Battery Electric Vehicle: Toyota C+Pod dan satu unit Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV), yaitu Toyota Prius.

Sebagai infrastruktur pendukung, juga dibangun 1 stockyard, 1 main station pengisian listrik, dan 2 substation. Semuanya terintegrasi untuk mendukung mobilitas wisatawan dan masyarakat ke rute-rute sekitar sembari menikmati pemandangan indah. Tidak kurang dari 10 destinasi wisata akan dilintasi oleh rute EV Smart Mobility Toba.

Destinasi itu antara lain Tuk Tuk, Tomok, Batuhoda, Parbaba, dan Lumban Suhi untuk rute Toyota C+Pod. Kemudian rute Parapat, Kaldera, Sibea-bea, Pandang Tele, dan Efrata serta wilayah sekitarnya dapat dicapai menggunakan unit Toyota Prius PHEV.

“EV Smart Mobility merupakan salah satu realisasi konsep elektrifikasi Toyota, yaitu Connected, Autonomous, Shared, and Electric (CASE). Harapannya, kian memperluas akses masyarakat untuk mendapat pengalaman tentang kendaraan listrik dan ekosistemnya sebagai pendukung utama mobilitas masa depan. Sehingga masyarakat akan lebih paham terkait pentingnya kehadiran kendaraan elektrifikasi untuk menciptakan sustainable environment,” kata Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor Susumu Matsuda dalam rilisnya, Rabu (20/7).

EV Smart Mobility bagian dari implementasi konsep Multi-Pathway Strategy Toyota dalam membangun pasar kendaraan elektrifikasi. Konsep ini didasari fakta bahwa keberagaman dan luasnya karakteristik kebutuhan pelanggan baik dari sisi produk maupun teknologi serta dukungan infrastruktur yang tersedia.

Oleh karena itu, Toyota tidak hanya menghadirkan pilihan lengkap teknologi elektrifikasi, tapi juga menyediakan ekosistem elektrifikasi terintegrasi untuk memberikan pengalaman baru dalam bermobilitas dengan menggunakan produk-produk elektrifikasi Toyota.

Selain berfungsi untuk mempopularisasikan teknologi elektrifikasi milik Toyota, proyek ini juga ditargetkan berdampak positif terhadap upaya pemulihan sektor pariwisata.

EV Smart Mobility Toba didukung oleh 10 partnership company: PT Astra International Tbk, Aisin Indonesia, Astra Daihatsu Motor, Denso Indonesia, Asuransi MSIG Indonesia, Sugity Creatives, Toyota Astra Financial Services, Toyota Industries Corporation, Toyota Tsusho Indonesia, dan TCD Asia Pacific Indonesia. Toyota juga bekerja sama dengan PT Serasi Auto Raya (SERA), yang akan menangani aktivitas operasional selama proyek berlangsung.

toyota perluas jangkauan ev smart mobility project di kawasan wisata danau toba sumatra utara

©2022 Merdeka.com

Bagaimana cara mengakses mobil listrik Toyota ini di Toba?

Masyarakat memiliki 3 pilihan cara. Cara pertama, datang langsung ke dua station utama yang terletak di area Lekjon dan Lingkar Tuktuk. Kedua, bisa melakukan pemesanan melalui perantara hotel atau resort di wilayah Toba Samosir, yang bekerja sama dalam proyek ini. Ketiga, mengakses langsung layanan reservasi secara digital melalui aplikasi m-toyota dan TRAC to GO atau melalui call center 1500-009.

“Toyota selalu mendukung langkah pemerintah untuk menggapai netralitas karbon di Indonesia. Melalui multi-pathway strategy, kami bergerak dari berbagai arah dengan beragam pendekatan untuk berkontribusi semaksimal mungkin terhadap visi tersebut, salah satu nya melalui EV Smart Mobility Toba. Dan project ini juga merupakan upaya Toyota untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian lingkungan, sekaligus membangkitkan pariwisata lokal lewat ekowisata,” ucap Vice President Director TAM Henry Tanoto.

Sampai Juni 2022, Toyota berhasil memasarkan 6.513 unit kendaraan elektrifikasi, yang berpotensi menurunkan total emisi karbon hingga lebih 24.000 ton. Angka tersebut berasal dari total penjualan line-up lengkap kendaraan Toyota berbasis Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan Battery Electric Vehicle (BEV).

[sya]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!