Kebakaran Hutan Merebak di Seluruh Eropa Akibat Gelombang Panas

Athena: Layanan darurat memerangi kebakaran hutan di sebagian besar selatan Eropa. Langkah darurat dilakukan di tengah evakuasi massal pada Rabu 20 Juli 2022, ketika peringatan terdengar di London setelah hari terpanas di Inggris bahwa perang melawan perubahan iklim perlu ditingkatkan.
 
Ratusan orang melarikan diri di Italia tengah saat tangki bensin meledak dalam kebakaran hutan di dekat kota Lucca, Tuscan. Jumlah serupa melarikan diri di Yunani saat kobaran api yang dipicu oleh angin kencang berkobar di pegunungan utara Athena. Pihak berwenang Yunani mengatakan di kemudian hari bahwa kobaran api telah dijinakkan.
 

Gelombang panas brutal dengan lonjakan jauh di atas 40 derajat Celcius menetap di Eropa selatan minggu lalu, bagian dari pola global kenaikan suhu, yang secara luas dikaitkan oleh para ilmuwan dan ahli iklim dengan aktivitas manusia. Diperkirakan akan membuang panas yang membakar  hingga akhir Agustus.
 
Hal ini juga diperkirakan akan mengekspos sekitar 100 juta orang Amerika ke suhu di atas 38 derajat Celcius pada Rabu dan membuat rekor di Texas, Louisiana dan Arkansas.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Konsumsi daya diperkirakan mencapai puncak baru di negara bagian AS Tengah -,menambah emisi gas rumah kaca,- karena rumah dan bisnis menghidupkan AC untuk memerangi perkiraan gelombang panas yang akan berlangsung hingga minggu depan.
 
Sementara rekor panas minggu lalu di sekitar bagian Mediterania telah mereda, pembacaan merkuri mulai naik lagi di Portugal, Spanyol dan Italia.
 
Armando Silva, komandan Perlindungan Sipil di wilayah utara Portugal, mengatakan, kenaikan suhu dan angin kencang akan mempersulit upaya pemadaman kebakaran hutan terbesar di negara itu yang berpusat di kota Murça.
 
Itu telah membakar 10.000-12.000 hektar sejak Minggu dan sekitar 800 petugas pemadam kebakaran dan enam pesawat air telah dikerahkan untuk mengatasinya.

Di atas 40 derajat

Di Spanyol, di mana kru darurat memadamkan api di lima wilayah, layanan cuaca nasional AEMET juga memperkirakan suhu yang lebih tinggi.
 
Kebakaran hutan membakar di beberapa wilayah Italia, termasuk satu yang mengancam akan membuat bagian dari kota timur laut Trieste tanpa listrik dan air, dan 14 wilayah metropolitan termasuk Roma, Milan dan Florence akan ditempatkan pada peringatan gelombang panas tertinggi di negara itu pada Kamis 21 Juli.
 
Prakiraan cuaca di sana mengatakan bahwa suhu diperkirakan mencapai 40 derajat Celcius di seluruh bagian utara dan tengah minggu ini.
 
Angka itu memuncak di Inggris untuk pertama kalinya pada Selasa 19 Juli , memecahkan rekor suhu sebelumnya di negara itu sebesar 1,6 derajat Celcius. Sedikitnya 13 orang tewas saat berenang untuk mendinginkan diri.
 
“Kecuali emisi dikurangi, Inggris mungkin mengalami gelombang panas serupa setiap tiga tahun,” ujar Kepala Sains dan Teknologi, Met Office Inggris, Stephen Belcher, seperti dikutip AFP, Kamis 21 Juli 2022.
 
Menteri Keuangan Simon Clarke mengatakan, “rekor luar biasa, belum pernah terjadi sebelumnya pada Selasa berfungsi sebagai pengingat akan pentingnya mengatasi perubahan iklim”.
 
Insinyur Inggris berlomba pada hari Rabu untuk memperbaiki rel kereta api yang melengkung karena panas setelah petugas pemadam kebakaran bekerja sepanjang malam untuk meredam kebakaran hutan. Pada Selasa, petugas pemadam kebakaran London mengalami hari tersibuk mereka sejak Perang Dunia II.
 

(FJR)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!