Kasad Dudung: Indonesia Rentan Terjadi Konflik Komunal Pecah Persatuan

Merdeka.com – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengungkap Indonesia rentan terjadi konflik komunal. Jika sudah terjadi, maka perpecahan persatuan akibatnya.

Sebab, Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam golongan, kelompok, suku dan agama.

“Jika tidak ada perekat yang kuat untuk menyatukan perbedaan itu, maka Indonesia akan mudah tercerai berai dipengaruhi dan diintervensi kekuatan dari luar,” kata Kasad saat memberikan pembekalan Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) XLIX Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI tahun 2022, di Sesko TNI, Bandung, Jumat (22/7), seperti dikutip Antara.

Menurut dia, bentuk pengaruh luar bisa berupa budaya luar yang diikuti masyarakat, terutama generasi muda dan adanya upaya memasukkan paham dari luar yang tidak sesuai dengan kondisi bangsa kita untuk mempengaruhi pola pikir masyarakat.

“Ini semua akan membuat Indonesia rentan terjadi konflik komunal,” kata Jenderal Dudung dalam siaran persnya.

Dalam pembekalan tersebut Kasad menyampaikan tentang pokok-pokok kebijakannya dalam mengantisipasi perkembangan di lingkungan strategis untuk menambah pengetahuan dan wawasan kepada Pasis Dikreg Sesko TNI yang nantinya setelah menyelesaikan pendidikan akan melaksanakan tugas selanjutnya yang lebih kompleks.

Kasad mengilustrasikan perang Rusia dan Ukraina yang belum usai sampai saat ini memberikan gambaran telah terjadi perang berlarut di mana kekuatan besar tidak mampu mengakhiri perang secara keseluruhan.

“Ini membuktikan perang berlarut yang menjadi doktrin perang kita dengan sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta masih riil sampai saat ini. Namun, dihadapkan dengan perkembangan teknologi masih diperlukan revisi terhadap doktrin perang kita,” jelas mantan Pangkostrad ini.

Di akhir pembekalannya, Kasad berpesan agar Pasis Dikreg Sesko TNI tidak membicarakan masa lalu, tetapi melakukan yang terbaik saat ini secara maksimal, serta bisa meraih cita-cita setinggi mungkin. [rhm]

Baca juga:
Dapat Gelar Datuk, Kasad Dudung Jadi Anggota Kehormatan Lembaga Adat Melayu
Kasad Dudung Dianugerahi Gelar Tertinggi Suku Dayak, Ini Potret Dipakaikan Rompi Adat
Ulama Dekat Kasad Dudung Unggah Gambar Motor, Dikomentari ‘Dibelikan Fortuner Dapat’
Lama Tak Jumpa, Begini Momen Kasad Dudung Bertemu Cucu, Langsung Gendong di Pundak
Jenderal Dudung dan Kasad Amerika Bahas Garuda Shield, Ini Analisis Pengamat Militer
Perjalanan Adik Asuh Kasad Dudung, Mayor Ahmad Bin Muhammad Assegaf Sampai Masuk TNI


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!