Hari Jadi ke-454, Kabupaten Madiun Usung Spirit Pemulihan Ekonomi Bangkit dari Pandemi Covid-19

Berita Madiun

SURYA.co.id, MADIUN – Kabupaten Madiun memasuki usia ke-454 tahun pada 18 Juli 2022.

Dalam Rapat Paripurna Istimewa di DPRD Kabupaten Madiun, Bupati Madiun, Ahmad Dawami, menjelaskan tagline hari jadi Kabupaten Madiun yang ke-454 adalah ‘Bangkit Bersama Sejahtera Semua’.

“Bangkit bersama tidak akan datang dengan sendirinya harus ada semangat yang sama persepsi yang sama bahwa kebersamaan kerukunan sangat diperlukan untuk membuat masyarakat sejahtera,” kata Kaji Mbing, sapaan akrab Ahmad Dawami ditemui seusai Rapat Paripurna Istimewa di Gedung DPRD Kabupaten Madiun, Senin (18/7/2022).

Kaji Mbing berharap tagline tersebut bisa menjadi spirit dalam pembangunan ekonomi setidaknya dalam setahun ke depan.

“Meskipun di tahun kemarin kita diterpa Pandemi Covid-19 tapi menurut angka yang dikeluarkan instansi terkait pertumbuhan ekonomi kita masih terkendali,” lanjutnya.

Pada momentum pesta rakyat hari jadi ini, Pemkab Madiun memberikan kesempatan UMKM untuk memanjangkan produknya di Alun-Alun Caruban harapannya agar produk-produk UMKM tersebut bisa dipasarkan promosikan dan terima masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Madiun berkomitmen untuk terus mendorong dan memfasilitasi keberadaan UMKM yang ada. Komitmen tersebut dapat dilihat dari penambahan jumlah UMKM, peningkatan jumlah koperasi sehat dan peningkatan pembiayaan koperasi,” ujar Kaji Mbing.

Lebih lanjut, Kaji Mbing menunjukan Kabupaten Madiun memiliki keunggulan kompetitif maupun keunggulan komparatif. 

Keunggulan tersebut meliputi kekayaan Sumber Daya Alam, letak geografis yang sangat strategis maupun modal sosial (Social Capital) dan Modal Sumber Daya Manusia (Human Capital) yang berpengaruh dominan bagi tercapainya percepatan pembangunan daerah.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Madiun Fery Sudarsono menyampaikan tema ‘Bangkit Bersama, Sejahtera Semua’ dimaknai untuk percepatan dalam kebangkitan dari pandemi Covid-19.

Sejalan dengan tema tersebut, Pemerintah Kabupaten Madiun dituntut berjuang di tengah ketegangan geopolitik yang akan berdampak pada kondisi ekonomi global 

Untuk itu, semua elemen masyarakat harus berperan aktif untuk bisa bangkit dari Pandemi Covid-19 menuju kabupaten Madiun yang sejahtera.

“Dengan semangat tagline tersebut, dengan gotong royong kita wujudkan kebangkitan bersama menuju kesejahteraan seluruh masyarakat Kabupaten Madiun,” jelas Fery.


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!