Dari Kualitas Pendidikan Hingga K-Pop, Berikut 5 Alasan Pilih Kuliah di Korea Selatan

Jakarta: Korea Selatan merupakan salah satu negara yang baru-baru ini menjadi pusat perhatian dunia. Hal ini dikarenakan banyak hal, mulai dari musik hingga drama, semua menjadi alasan utama banyak yang ingin melanjutkan pendidikan di Korea.
 
Korea Selatan merupakan salah satu negara yang dinilai memiliki perkembangan paling pesat. Hal ini dinilai dari ekonomi penduduknya yang mulai maju, musik K-pop yang mulai dikenal dunia, hingga film Parasite yang memenangkan penghargaan Oscar pada 2020.
 
Semua gebrakan Korean wave atau tersebarnya budaya pop Korea secara global di berbagai negara di seluruh dunia ini tidak lepas atas pengaruh negara-negara yang mendukungnya. Salah satunya Indonesia yang menjadi salah satu pengikut Korean Wave utama dan terbesar.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebenarnya tidak dalam industri hiburan saja yang maju, Korea Selatan juga menjadi yang terdepan soal pendidikan. Maka dari itu, tidak heran banyak yang menjadikan Korea Selatan sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan.
 
Melansir dari akun Instagram @schoters, berikut lima alasan mengapa harus berkuliah di Korea Selatan:

1. Universitas di Korea Selatan berkualitas tinggi dan masuk peringkat peringkat 100 universitas teratas dunia

Berikut universitas di Korea Selatan yang masuk ke dalam 100 peringkat teratas di dunia:

  1. Seoul National University (Peringkat 28 di dunia)
  2. Korea Advanced Institute of Science and Technology/KAIST (Peringkat 47 di dunia)
  3. Yonsei University (Peringkat 73 di dunia)
  4. Korea University (Peringkat 74 di dunia)
  5. Sungkyunkwan University (Peringkat 99 di dunia)

2. Biaya sekolah dan biaya hidup yang cenderung lebih terjangkau dibanding negara lainnya

Perkiraan hidup di Korea Selatan lebih murah dibandingkan dengan Jepang, Kanada, atau Amerika Serikat. Biaya hidup mahasiswa di Korea Selatan diperkirakan sebesar Rp9-11 juta tergantung dari lokasi kota serta gaya hidup mahasiswa tersebut.

3. Adanya kesempatan bagi siswa internasional untuk bekerja paruh waktu dan menambah uang saku

Pemerintah Korea tiap tahunnya mengadakan job fair untuk siswa internasional yang berminat bekerja di Korea. Pendapatannya cukup lumayan, untuk kerja paruh waktu dihargai 11.059 Won per jam atau sekitar Rp127 ribu per jam.

4. Kesempatan mengeksplor budaya Korea

Bila menyukai musik, drama atau busana dari Korea Selatan maka belajar di Korea adalah kesempatan besar untuk dapat mengenalnya. Mahasiswa akan dapat menonton konser idola kesukaannya, mengunjungi berbagai tempat wisata hingga mencoba hanbok atau baju tradisional Korea di Gyeongbokgung Village.

5. Korea Selatan termasuk salah satu negara dengan daya saing dan prestasi yang ketat di bidang pendidikan

Menurut survei OECD, pencapaian akademik dan pendidikan di Korea Selatan adalah salah satu yang terbaik di dunia. Bahkan, dalam bidang pelajaran Matematika, Korea Selatan menduduki peringkat pertama.
 
Itulah lima alasan mengapa harus berkuliah di Korea Selatan. Untuk pergi ke Korea sebenarnya ada banyak jalan, salah satunya adalah dengan jalur beasiswa yang banyak ditawarkan. Sobat Medcom tertarik? (Gabriella Carissa Maharani Prahyta)

 

(REN)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!