Coba Tangkap Ikan Monster, Otoritas Kota Tiongkok Keringkan Sebuah Danau

Ruzhou: Otoritas sebuah kota di Tiongkok berusaha keras memburu seekor ikan “monster” yang diduga berada di sebuah danau besar. Karena tak kunjung tertangkap, danau tersebut terpaksa dikeringkan.
 
Ikan “monster” di danau kota Ruzhou, provinsi Henan, itu diyakini sebagai spesies invasif asal Amerika Utara bernama alligator gar. Sejak pertengahan bulan lalu, petugas sudah berusaha menangkap ikan tersebut namun tak kunjung berhasil.
 
Merasa tidak ada jalan lain, otoritas Ruzhou pun memutuskan untuk mengeriangkan danau di wilayah pusat kota. Namun setelah dikeringkan, ikan alligator gar tidak terlihat sama sekali.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terkadang disebut sebagai “fosil hidup,” alligator gar yang diduga hidup di danau Ruzhou diperkirakan memiliki panjang tubuh hingga 80 sentimeter. Ikan itu pertama kali dilihat warga Ruzhou pada media Juli lalu.
 
Meski serangan alligator gar terhadap manusia relatif langka, ikan tersebut dianggap dapat membahayakan masyarakat sehingga harus disingkirkan.
 
Setelah danau Ruzhou dikeringkan pada Kamis kemarin, tidak terlihat ada satu pun ikan monster di dalamnya. Ikan itu diyakini bersembunyi di sebuah pipa sepanjang 100 meter yang terhubung dengan danau tersebut.
 
Otoritas Ruzhou masih menyusun rencana untuk menangkap ikan tersebut tanpa memasuki pipa secara langsung. “Area dalam pipa cukup kompleks dan diperkirakan akan sulit untuk dimasuki petugas,” ucap Qi Li, petugas taman Ruzhou, dikutip dari Asia One, Minggu, 27 Agustus 2022.
 
“Biasanya, kami menggunakan jaring ikan untuk menangkapnya. Tapi kami memutuskan mengundang pemburu profesional dan mencarinya dengan menggunakan alat sonar. Upaya itu pun tak berhasil,” sambungnya.
 
“Alligator gar ini mungkin bersembunyi setelah merasa ketakutan,” sebut Qi Li.
 
Pengeringan danau telah memicu kontroversi karena biaya operasional yang cukup tinggi. Sebagian masyarakat mempertanyakan langkah tersebut, yang dilakukan hanya demi menangkap seekor ikan.
 
Kendati begitu, banyak warga Ruzhou tertarik dengan perburuan tak biasa ini, yang juga mengundang banyak media dan live-streamers.
 
Ikan alligator gar pernah muncul di Tiongkok sebelumnya, namun belum pernah menarik perhatian sebesar ini. Ikan alligator gar di Ruzhou diperkirakan masuk ke Tiongkok lewat perdagangan hewan peliharaan eksotis.
 
Baca:  Nelayan Kamboja Tangkap Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia
 

(WIL)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!