CEK FAKTA: Tidak Benar Video China Tagih Utang ke Indonesia

Merdeka.com – Beredar video siaran berita China yang diklaim tagih utang ke Indonesia setelah Anies Baswedan mendunia. Video tersebut menampilkan pembawa berita WION.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

☝️☝️☝️Akhirnya China Komunis XI JIN Ping menagih hutang ke Indonesia setelah tahu nama *Anies Rasyid Baswedan* mendunia China menagih mau dibayar dengan uang atau 200 juta rakyat Tiongkok Komunis menetap secara permanen di Indonesia terutama di Kalimantan, akhirnya kebohongan pasti terbongkar JKW membangun IKN hanya untuk rakyat Komunis Tiongkok, dan kebenaran pasti muncul di permukaan..Indonesia telah porak poranda secara paripurna saat ini, Indonesia dalam bahaya yang dilakukan oleh Rezim..Allah SWT telah membuka satu demi satu…

cek fakta tidak benar video china tagih utang ke indonesia

Liputan6.com

Penelusuran

Penelusuran tentang video siaran berita China tagih utang ke Indonesia setelah Anies Baswedan mendunia, dengan menerjemahkan narasi pembawa berita stasiun televisi WION, sebagai berikut.

China telah meminjamkan miliaran dolar kepada pemerintah di seluruh dunia. Banyak pinjaman ini diberikan secara rahasia. Mereka menyebutnya pinjaman tersembunyi China. dan mereka membuat lubang di kantong para peminjam.

Jika ekonomi China runtuh. Negara-negara ini semua akan menderita. Dan itu hanya sebagian dari masalah utang tersembunyi yang merugikan semua negara ini, izinkan saya memberi contoh Indonesia.

Indonesia Ingin membangun jalur kereta api sehingga meminjam uang dari China jadi meminjam uang dari China itu adalah ide yang sangat buruk. Indonesia sedang belajar dengan susah payah. Butuh 4,5 miliar dolar dari China untuk jalur Kereta Api ini. Proyek ini diluncurkan pada 2015 enam tahun kemudian. Biaya proyek telah ditutup hingga lebih dari 8 miliar dolar dari 4,5 menjadi 8 miliar hampir dua kali lipat dari yang awalnya disepakati.

Dan apa yang Anda lakukan? Anda tidak dapat meninggalkan proyek pada pertengahan minggu sehingga Indonesia menghabiskan anggaran negaranya sendiri untuk membayar jalur Kereta Api ini. Dan ini bisa menjadi awal dari masalahnya. Sebagian besar uang yang dipinjam Indonesia dari China tidak tercatat.

Itu tersembunyi di sana. Itu tidak tercermin dalam buku-buku resmi. Secara resmi Indonesia adalah China mendekati 5 miliar dolar. Secara tidak resmi Indonesia dilaporkan berutang kepada China hampir 23 miliar dolar dengan 18 miliar dolar dari kematian yang disembunyikan.

Yang mengambil pinjaman ini entitas pemerintah Indonesia dan merupakan pinjaman yang sangat berisiko.

Pinjaman tersebut diberikan tanpa jaminan kedaulatan yang berarti jika peminjam bangkrut. Pemerintah Indonesia akan menghadapi tekanan untuk menyelamatkan. Mereka harus membayar uang itu. Ini jebakan.”

Klaim video tersebut identik dengan video berjudul “Gravitas: 165 countries owe at least $385 billion to China” yang diunggah akun YouTube resmi WION, pada 20 Oktober 2021. Dalam video tersebut pembawa berita WION, Palki Sharma WION, Palki Sharma menyebutkan narasi yang sama.

Kesimpulan

Video China yang diklaim tagih utang ke Indonesia setelah Anies Baswedan mendunia adalah tidak benar. Dalam video tersebut pembawa berita WION, sedang mengulas tentang pemberian utang tersembunyi China ke berbagai negara, salah satunya ke Indonesia.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.youtube.com/watch?v=Xz27U7yYfcY&t=56s
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5018743/cek-fakta-tidak-benar-dalam-video-siaran-berita-ini-china-tagih-utang-ke-ri-setelah-anies-baswedan-mendunia

[noe]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!