Buka Peluang Usaha, Warga Depok Dilatih Mengolah Kopi

Depok: Peserta yang tergabung dalam UMKM Emak-emak For Sandi Depok menggelar pelatihan pembuatan produk minuman olahan kopi jenis Arabica dan Robusta. Kegiatan tersebut digelar di Rumah makan lesehan pondok laras, Depok, Jawa Barat. 
 
Ketua UMKM Emak-emak for Sandi Depok Karolin mengatakan pelatihan yang diberikan bertujuan untuk meningkatkan hard skill pelaku UMKM dalam berwirausaha. Terlebih, minuman kopi mempunyai nilai ekonomis yang tinggi untuk dijual, sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan bagi pelaku usaha. 
 
“Hadirnya pelatihan ini, emak emak membuat produk yang lebih bervariasi. Karena dengan adanya pelatihan ini membuka peluang baru untuk usaha, sehingga dapat membuka pekerjaan baru sekaligus meningkatkan pendapatan,” ujar Karolin di Depok, Sabtu, 27 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia memaparkan nantinya para peserta akan diberikan beberapa pendampingan bisnis mulai dari proses produksi hingga pemasaran melalui online maupun offline. Metode ini dilakukan agar relawan mendapat pangsa pasar yang ideal dan siap untuk membuka usaha. 
 
“Acara selanjutnya setelah pelatihan, kita mengarahkan emak-emak untuk membimbing sampai benar-benar usahanya berjalan,” jelas dia.
 

Menurut Karolin, program kerja dan keteguhan Sandiaga Uno dalam mengangkat bisnis pelaku UMKM terbukti nyata. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang terbantu dalam program pendampingan bisnis tersebut. 
 
“Untuk itu, kita pelaku UMKM sangat terbantu dengan Mas Sandiaga Uno, karena beliau juga mau untuk terjun langsung ke lapangan bantu produk kami sehingga bisa cepat laris di pasaran,” ucap dia.
 
Karolin bersama para peserta lain optimistis Sandiaga menjadi presiden di 2024. Pasalnya sosok Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu punya jam terbang tinggi dan terbukti memajukan perekonomian Indonesia. 
 
“Mas Sandi sangat layak untuk menjadi presiden, karena selama ini kami melihat Mas Sandi sangat berperan besar dalam memajukan perekonomian Indonesia, karena lewat UMKM ini sudah banyak bukti yang ditunjukkan,” jelas dia.
 

(LDS)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!