Bagaimana menginvestigasi Piala Dunia?

Sepak bola merupakan olahraga paling populer di dunia dan Piala Dunia salah satu sorotannya, ditunggu oleh jutaan, bahkan miliaran orang di seluruh dunia. Piala Dunia berlangsung pada November-Desember tahun ini di Qatar, berdasarkan keputusan yang dibuat pada tahun 2010 oleh badan pengatur sepak bola, FIFA. Tapi FIFA telah didera skandal selama bertahun-tahun — dari penyuapan dan penipuan hingga pencucian uang — sementara Qatar, sebuah monarki Teluk Arab, mendapat kecaman karena pelanggaran hak asasi manusia.

Jaringan Jurnalisme Investigasi Global (GIJN/Global Investigative Journalism Network) menggelar webinar bertajuk How to Investigate the World Cup, Jumat (22/7).

Dalam webinar ini, GIJN menyatukan dua jurnalis senior dan seorang penulis dengan pengalaman luas dalam menggali praktik sepak bola yang meragukan. Mereka menawarkan kiat dan sumber daya untuk menyelidiki organisasi olahraga, mengikuti uang di sepakbola, dan di mana cerita akan ditayangkan di Piala Dunia dan Qatar tahun ini.

“Ini mungkin terdengar sangat mendasar tetapi sepakbola bukan hanya bisnis. Ketika Anda sedang menyelidiki sepak bola, katakanlah Anda sedang menyelidiki korupsi atau untuk beberapa jenis praktik buruk dalam bisnis sepak bola, itu selalu lebih buruk daripada jika korupsi itu terjadi di industri baja atau di industri minyak atau di industri manufaktur mobil,” kata David Conn, jurnalis Inggris.

Menurut David, ketika orang menyebut sepak bola adalah bisnis atau industri, dia mencoba mengoreksi bahwa ini adalah olahraga, ini permainan dan orang-orang menghabiskan uang untuk sepak bola.

“Ada begitu banyak uang di dalamnya bukan karena itu adalah bisnis yang menghasilkan produk dan Oh Tuhan ketika orang menyebut permainan sebagai produk, ketika orang mengatakan Piala Dunia produknya hebat, Anda tahu, yang mereka maksud adalah sepak bola yang sebenarnya,” tegasnya.

Orang-orang gemar karena mereka menyukainya dan mereka menyenangi sepakbola dengan hasrat yang tulus. Conn menyebut itu nilai yang jelas. Salah satu tip kecil yang dia berikan dalam saran tertulis adalah bahwa sangat penting untuk memahami blok bangunan tentang bagaimana sepakbola diatur dan setiap negara di mana sepak bola diatur akan memiliki federasi sepak bola.

“Kami di Inggris memiliki Football Association (FA) dan itu, saya pikir, dalam setiap kasus menjadi organisasi nirlaba yang perannya, akan Anda temukan di dokumen pendirian federasi itu, Anda akan menemukannya di artikel mereka, Anda akan menemukannya di sana akan menjadi pernyataan niat yang sangat mulia seperti kita di sini: untuk mempromosikan permainan yang luar biasa ini untuk kebaikan semua orang,” ujarnya.


Artikel ini bersumber dari www.alinea.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!