Kamis, 25 Agustus 2022 – 15:34 WIB

VIVA Lifestyle  – Banyaknya semut di dalam rumah dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Semut biasanya datang ke ruangan untuk mencari makanan atau habitat bersarang. Serangga ini hidup dan bekerja sama dalam tim besar yang disebut koloni yang terdiri dari ratusan atau kumpulan semut.

Maka dari itu, jika ada beberapa semut, dapat dipastikan akan ada segerombolan orang lain yang tinggal di sekitarnya. Menurut National Wildlife Federation, ada lebih dari 12.000 spesies semut di seluruh dunia. Mereka hidup hampir di mana-mana kecuali Antartika, Arktik, dan sejumlah kecil pulau.

9 Cara Mengusir Semut Ini Sangat Efektif dan Bekerja Cepat!

Jamur semut yang tumbuh di tubuh semut Amazon

Semut yang ditemukan di kebun atau berwarna hitam tidak akan menggigit dan tidak membawa penyakit. Namun, banyak spesies semut yang dapat membawa bakteri, sehingga berpotensi menimbulkan penyakit atau infeksi.

Masalah semut dalam rumah dapat dibasmi dengan beberapa cara. Berikut cara mengusir semut yang Viva lansir dari berbagai sumber dan dapat kamu coba dan praktikan.

1. Cuka putih

Detergen alami dari cuka putih.

Detergen alami dari cuka putih.

Cuka putih dapat mengusir semut dengan efektif. Bahan ini mudah dan murah serta merupakan agen pembersih alami. Jika ada semut merah di rumah, campur cuka dan air dengan perbandingan 1:1 dan semprotkan ke semua titik masuk yang memungkinkan. campuran ini juga dapat langsung disemprotkan. Cara ini efektif untuk menghancurkan sarang semut.

2. Kayu manis

Teh Kayu Manis

Studi tahun 2005 di jurnal Bioresource Technology menemukan bahwa senyawa dalam kayu manis efektif membunuh dan mengusir semut, termasuk semut merah. Taburkan bubuk kayu manis langsung di atas semut atau semprotkan minyak kayu manis dan air ke sarang semut untuk mencegah semut merah masuk ke dalam rumah.

3. Bubuk Cabai

Bubuk cabai

Bubuk cabai

Photo :

rawit atau lada hitam Cabai rawit maupun lada hitam dapat mengusir semut. Serangga ini hak kedua bahan tersebut. Temukan sumber semut, taburkan merica di sekitar area tersebut dan jika memungkinkan, buat dinding yang dapat mencegah semut masuk ke dalam rumah.

4. Pembersih

Peralatan pembersih lantai.

Peralatan pembersih lantai.

Jejak dan determinasi cair Semut meninggalkan feromon beraroma sebagai peta ketika mereka berjalan. Penggunaan kaca dan deterjen dapat menghilangkan bau dan mencegah semut masuk kembali ke rumah.

  • Campurkan semprotan pembersih kaca dengan deterjen cair (sabun cuci piring) ke dalam botol semprot yang bersih.
  • campurankan campuran tersebut ke area di mana jendela mendekat atau berkumpul di sekitarnya.
  • Setelah penyemprotan, area.
  • Ulangi langkah-langkah di atas sesering yang diperlukan.

5. Lemon

Jahe lemon.

Gunakan campuran lemon dan air dengan perbandingan 3:1. Semprotkan campuran pada semut, titik masuknya, dan sarang semut setiap kali ada semut merah di dalam rumah.

6. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih memiliki banyak manfaat

Minyak kayu putih memiliki banyak manfaat

Minyak kayu putih merupakan pengusir serangga alami. Caranya, campurkan 5 hingga 10 tetes minyak kayu putih dengan 2 gelas air dalam botol semprot, lalu semprotkan campuran di sekitar rumah yang biasanya didatangi semut.

Selain itu, Anda bisa basahi kapas dengan minyak kayu putih, di tempat yang sering didatangi semut. Ganti kapas setiap minggunya. Pastikan area tersebut tidak terjangkau anak kecil atau hewan peliharaan.

7. Air Mendidih

Mendidihkan air dengan panci pemanas.

Mendidihkan air dengan panci pemanas.

Jika ada lubang semut di dalam rumah, mendidihkan udara ke dalamnya. Cara ini efektif dan langsung membunuh banyak semut di dalamnya. Sarang semut mungkin tampak kecil, tetapi koloni semut di bawahnya sangat banyak.

Air mendidih tidak akan cukup untuk membunuh seluruh koloni. Oleh sebab itu, pastikan untuk menyiram sarang semut beberapa kali seminggu.

8. Daun Mint

Teh daun mint.

Mint adalah salah satu aroma yang dibenci semut. Jika Anda melihat semut merah di rumah, Anda bisa menyemprotkan minyak mint atau ekstrak mint ke semua titik masuk dan sudut rumah. Cara ini efektif untuk mengusir semut.

9. Kapur

Kapur warna-warni

Gambarlah garis menggunakan kapur di depan tempat semut memasuki rumah. Garis itu akan bertindak sebagai penghalang yang tidak akan mereka lewati. Gambar garis berkala agar tetap berfungsi. Cara ini diketahui efektif karena semut tidak suka kalsium karbonat dalam kapur dan mengganggu jejak aroma semut.

Nah, itu deretan cara mengusir semut yang dapat Viva berikan ke kamu. Semoga bermanfaat dan cara yang telah dipaparkan kamu dapat coba dan terapkan di rumah untuk mengusir semu-smut yang mengganggu ya.

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.