Website Mitra Usaha untuk Berdayakan Jutaan Mitra Goto

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk meluncurkan situs web Mitra Usaha GoTo yang akan menjadi pusat informasi bagi UMKM lokal dari berbagai bidang. Termasuk di dalamnya mitra usaha yang tergabung dalam ekosistem GoTo yang meliputi pelaku usaha di Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial.

Situs web ini menyediakan informasi seputar program, solusi dan inisiatif dari ekosistem GoTo untuk mendukung pertumbuhan bisnis. “Kami berharap kemudahan mendapat informasi ini dapat membantu pelaku UMKM untuk semakin produktif dalam mengembangkan usahanya,” ujar Nila Marita, Chief of Corporate Affairs GoTo.

Nila mengatakan situs web mitra usaha GoTo juga akan memuat layanan untuk membantu efisiensi operasional dan administrasi seperti GoBiz, Selly, Moka, dan GoKasir. Kemudian, Website ini juga akan memuat layanan pembayaran digital, marketplace dan discovery produk, layanan logistik, serta layanan permodalan. Tidak berhenti sampai di situ, dalam website yang baru diluncurkan itu, para UMKM juga bisa mendapatkan edukasi bisnis baik melalui kelas hingga komunitas mitra usaha seperti Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), Keluarga Tokopedia (K-Top) dan Komunitas Partner Retail GoTo Financial (KONTAG).

Website yang ditujukan untuk mendukung UMKM selaras dengan Presidensi Indonesia pada G20 2022 yang mana transformasi digital menjadi kunci untuk pemulihan ekonomi yang inklusif pasca pandemi. “Dengan peranan penting yang dipegang UMKM dalam menggerakan ekonomi sektor riil, UMKM lokal harus bisa memanfaatkan peluang dari layanan GoTo ini sehingga dapat mengembangkan kapasitas dan keterampilan yang akhirnya dapat menjadi pilihan utama bagi masyarakat,” kata Talkah Badrus, Sekretaris Deputi Bidang Kewirausahaan, Kementerian Koperasi dan UKM memaparkan.

Sebelumnya, GoTo dan pemerintah juga telah melakukan kolaborasi dengan membuat kelas pengembangan usaha untuk UMKM seperti GoTo UMKM Center dan Kelas Maju Digital, hingga inisiatif Garda Transformasi Formal Usaha Mikro (Transfumi). Lainnya, GoTo juga berkolaborasi dengan  Kemenkop UKM RI untuk memfasilitasi pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) sehingga UMKM lebih mudah untuk mendapatkan sertifikasi halal, akses peminjaman modal, dan program bantuan pemerintah.

Selama pandemi, ada empat juta mitra usaha yang tergabung dalam ekosistem GoTo. Dengan memanfaatkan solusi bisnis GoTo, para mitra usaha di berbagai pelosok nusantara mampu mencetak pertumbuhan transaksi bisnis dengan mendorong efisiensi operasional dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Pertumbuhan ini juga tercermin dari kinerja layanan dalam ekosistem GoTo. 

Tokopedia misalnya, mencatatkan Kabupaten Pasangkayu (Sulawesi Barat), Pakpak Bharat (Sumatera Utara), Banggai Kepulauan (Sulawesi Tengah), Teluk Bintuni (Papua Barat) dan Kepulauan Anambas (Kepulauan Riau) sebagai beberapa daerah dengan kenaikan jumlah penjual paling tinggi di Tokopedia selama setahun ke belakang (Agustus 2021-Agustus 2022). Hal ini terlihat juga pada peningkatan pertumbuhan layanan teknologi finansial dari GoTo sebesar 91% secara kuartal pada Q1 2022.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.