Asuransi kematian adalah salah satu jenis asuransi signifikan untuk menghadapi berbagai risiko tidak terduga. Jenis asuransi ini juga bisa disebut dengan asuransi jiwa karena tujuannya juga sama.

Sebelum kita bahas lebih dalam tentang asuransi kematian, yuk kita ketahui dulu jenis-jenis asuransi jiwa yang juga berfungsi untuk memberikan uang santunan kematian.

Pengertian asuransi kematian

Asuransi kematian adalah produk asuransi yang memberikan pertanggungan ketika pihak yang ditanggung meninggal dunia atau mengalami kematian.

Sebetulnya, asuransi ini sama dengan asuransi jiwa, yaitu produk proteksi atau perlindungan yang memberikan uang pertanggungan jika tertanggung mengalami risiko meninggal dunia atau cacat fisik akibat kecelakaan.

Perusahaan asuransi akan membayarkan sejumlah uang jika terjadi risiko kematian pemegang polis asuransi selama masa polis berlaku.

Jadi, tujuannya adalah menanggung orang terhadap kerugian finansial yang tidak terduga karena kematian tertanggung.

Nantinya, uang pertanggungan diberikan kepada ahli waris yang sejak awal sudah didaftarkan dalam polis. Ahli waris biasanya berupa anggota keluarga tertanggung, khususnya anak.

Pemegang polis atau nasabah dari asuransi jiwa perlu membayarkan premi secara berkala. Besaran premi disesuaikan dengan besaran uang pertanggungan yang akan didapatkan.

Jenis-jenis asuransi kematian

Perlu diketahui bahwa produk asuransi jiwa dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini beberapa jenis yang perlu kamu kenali.

1. Asuransi jiwa berjangka (term life insurance)

Asuransi ini fungsinya memberi perlindungan kepada tertanggung dengan waktu tertentu saja dengan hadirnya tawaran kontrak 5, 10, atau 20 tahun dengan premi tetap dan bisa dibilang terjangkau.

Keuntungan yang bisa kamu peroleh:

  • Bebas menentukan besarnya premi sesuai kemampuan.
  • Uang pertanggungan yang didapatkan bisa mencapai miliaran rupiah, jadi ketika tertanggung meninggal saat kontrak masih aktif, keluargalah yang akan mendapatkan uang tersebut.

Sedangkan kekurangannya adalah tertanggung bisa kehilangan uang premi atau hangus saat tertanggung tidak mengalami masalah atau meninggal saat masa kontrak habis.

2. Asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance)

Perlindungan yang diberikan jenis asuransi kedua adalah seumur hidup walaupun biasanya perusahaan asuransi membatasi hanya sampai usia 100 tahun saja. 

Keuntungan dari asuransi jiwa seumur hidup ini adalah:

  • Memungkinkan mendapat nilai tunai dari premi yang dibayarkan.
  • Bisa menggunakan nilai tunai premi yang sudah dibayarkan untuk bayar premi setelahnya saat kamu tidak bisa membayar premi secara berkala.
  • Tidak bisa hangus jika tidak ada klaim.
  • Uang pertanggungan akan diserahkan seluruhnya saat kontrak habis.

Meski begitu, asuransi ini preminya lebih besar dari premi asuransi jiwa berjangka karena angka harapan hidup di Indonesia hanya 65 tahun untuk laki-laki dan 70 tahun untuk perempuan. Jadi, klaimnya sebelum berakhir lebih tinggi.

Selain itu, nilai tunai total premi yang sudah dibayarkan tidak terlalu besar karena bunganya hanya 4% per tahun dan belum dipotong pajak.

3. Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance)

Seperti namanya, asuransi ini punya dua manfaat yaitu sebagai asuransi jiwa berjangka dan tabungan. 

Maksudnya adalah, kamu bisa mendapatkan nilai tunai dari premi yang sudah dibayarkan berupa uang pertanggungan asuransi jika tertanggung meninggal dunia dalam waktu tertentu sesuai kebijakan polis asuransi.

Selain itu, kamu juga bisa menarik polis asuransi dalam waktu tertentu sebelum kontrak berakhir.

Seperti penjelasan di atas, kamu bisa mengklaim polis sebelum kontrak habis. Selain itu, kamu sebagai tertanggung, akan memperoleh semua pertanggungan meski masih hidup.

Karena punya dua manfaat, preminya cukup besar bisa mencapai jutaan rupiah perbulan.

4. Asuransi jiwa unit link

Merupakan gabungan manfaat asuransi dan investasi. Artinya, kamu sebagai pemegang polis tidak cuma dapat jaminan perlindungan saja tapi juga hasil investasi dengan bunga yang lumayan tinggi per tahun.

Perlu diketahui kalau imbal balik investasi yang diberikan kurang signifikan dibanding investasi murni.

Jadi, kalau kamu cari untung besar dari investasi, sebaiknya jangan mengandalkan asuransi ini. Uang pertanggungannya kecil, apalagi jika investasi gagal.

Nah, kamu juga bisa menggunakan kalkulator jenis asuransi jiwa untuk menentukan produk yang tepat buat kamu. Yuk, cobain!

Manfaat asuransi kematian

Apa yang membuat asuransi kematian penting untuk kamu? Ada banyak sekali alasan yang membuat kamu harus mempertimbangkan membeli asuransi kematian. Namun, apa itu asuransi kematian?

Jika dijabarkan secara deskriptif, asuransi jiwa merupakan bagian dari jenis asuransi yang memberikan santunan kepada ahli waris nasabah yang ditinggalkan oleh keluarganya. 

Jenis asuransi ini pun memberikan jaminan kepada peserta nasabah dalam menutupi risiko finansial yang harus menutupi biaya-biaya yang berkaitan dengan kematian seperti rumah sakit, pemakaman, dan sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, manfaat dari asuransi kematian adalah sebagai berikut ini.

1. Keluarga terdekat tidak terbebani

Asuransi kematian sangat membantu anggota keluargamu terhindar dari krisis finansial. Tentu sebagai manusia akan selalu menemui kematian tanpa pernah tahu kapan akan terjadinya.

Akan tetapi, kamu juga tidak bisa membiarkan anggota keluarga sendiri terbebani dengan biaya-biaya kematian tidak terduga bukan? Itulah fungsi utama jika kamu memiliki asuransi kematian. 

Premi asuransi kematian cenderung lebih murah jika kamu mendaftarkan diri saat usia lebih muda. Maka dari itu, jangan menunggu usia tua untuk memilikinya karena kematian sendiri tidak bisa dipastikan kapan datangnya.

2. Persiapan biaya pemakaman

Siapa bilang biaya pemakaman itu murah? Selain membayar tanah untuk pemakaman di tempat pemakaman umum, tentu keluarga kamu juga membutuhkan biaya perawatan dan hal-hal yang berkaitan dengan pengurusan kematian.

Setiap biaya pemakaman dibedakan berdasarkan blok dan ukuran tanah yang diperlukan. Jika kamu tidak memesan atau memerhatikan rincian biaya yang diperlukan, tentu akan menjadi masalah bagi keluargamu menangani biaya kematian.

Perlu diketahui, tidak semua asuransi kematian menanggung biaya pemakaman dan hanya menanggung ganti rugi.

3. Bantu keluarga yang ditinggalkan

Setelah membantu semua tanggungan biaya kematian dari rumah sakit hingga biaya pemakaman, lalu apalagi setelah itu?

Tentu saja semua risiko finansial tidak akan terhambat berkat manfaat asuransi yang sudah kamu ajukan sebelumnya.

Bayangkan ketika seorang kepala keluarga yang merupakan pencari nafkah meninggal dunia. Bagaimana anggota keluarga lainnya dapat melanjutkan hidup dengan tenang tanpa memikirkan biaya hidup?

Biaya seperti untuk makan sehari-hari hingga pendidikan anak tentunya harus tetap terpenuhi.

Paling tidak diperlukan dana untuk beberapa tahun ke depan agar anggota keluarga yang ditinggalkan dapat menyesuaikan diri.

4. Perlindungan atas risiko meninggal dunia akibat penyakit penyebab utama kematian

Menurut World Health Organization (WHO), 10 penyebab utama kematian di Indonesia adalah jantung koroner, tuberkulosis, kelainan pembuluh darah, penyakit pernapasan, penyakit bayi baru lahir, penyakit paru-paru, kecelakaan lalu lintas, diabetes, darah tinggi atau hipertensi, dan diare.

Penyakit-penyakit di atas sangat umum dialami kebanyakan orang, jadi penting bagi kamu punya perlindungan atas risiko terjangkit dan meninggal dunia.

5. Melunasi pinjaman

Melihat beberapa manfaat di atas, kamu mungkin berkesimpulan kalau asuransi jiwa penting untuk orang yang sudah berkeluarga saja, namun nyatanya tidak begitu.

Walaupun belum punya tanggungan seperti suami atau istri dan anak, kamu juga butuh asuransi jiwa jika memiliki pinjaman, KPR misalnya.

Jadi nantinya ahli waris dapat melunasi KPR tanpa beban.

[LLF_PRODUCT name=life-premium]

Cara klaim asuransi kematian

Klaim asuransi jiwa bisa dilakukan oleh anggota keluarga yang ditunjuk sebagai ahli waris. Berikut ini cara mengurus klaim asuransi kematian.

  • Laporkan kematian tertanggung pada pihak asuransi paling lambat 30 hari sampai 60 hari sejak waktu kejadian.
  • Siapkan dokumen pengajuan klaim. Mulai dari polis, formulir klaim, kartu identitas, surat kematian dan lain-lain.
  • Pihak asuransi akan melakukan verifikasi data nasabah.
  • Ketika klaim diterima, uang asuransi kematian (uang pertanggungan) akan diberikan pada ahli waris melalui transfer bank.

Berapa lama klaim asuransi kematian?

Setiap perusahaan asuransi jiwa punya kebijakan berbeda mengenai sistem pencairan dana klaim. Lantas, umumnya berapa lama klaim asuransi kematian?

Akan tetapi, umumnya uang pertanggungan yang diklaim akan cair dalam waktu 14 hari kerja setelah pengajuan klaim disetujui.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa durasi pencairan klaim bisa juga lebih lama, khususnya jika pihak perusahaan asuransi merasa perlu melakukan investigasi lebih lanjut.

Jika melihat dari manfaat semua asuransi kematian yang sudah dipaparkan, tentu kamu juga membutuhkan asuransi pemakaman. Kenapa?

Belum tentu semua santunan asuransi jiwa yang diberikan oleh pihak asuransi dapat membantu pihak keluarga yang ditinggalkan untuk menutupi finansial selama beberapa tahun ke depan.

Karena itu, pastikan asuransi meninggal dunia yang kamu miliki memiliki jaminan yang cukup besar untuk menutupi pembiayaan pemakaman dan setelahnya yang tidak sedikit jumlahnya. 

Rekomendasi produk asuransi kematian

Setelah mengetahui keuntungan-keuntungan dari jenis asuransi ini dalam jangka panjang, apa saja produk asuransi kematian yang cocok untukmu? 

Berikut ini rekomendasi yang bisa kamu pertimbangkan dan pilih!

1. Asuransi jiwa Cigna

Asuransi Cigna sudah terkenal dalam hal memberikan proteksi dini kepada nasabahnya lebih dari 100 tahun di Amerika Serikat.

Tentunya, produk asuransi yang ditawarkan pun sangat harus dipertimbangkan karena mereka memiliki banyak pilihan sesuai kebutuhanmu dan keluarga.

Salah satu produk asuransi Cigna yang memberikan santunan kematian adalah Cigna Protection Exclusive Plus yang menanggung salah satu anggota keluarga yang meninggal dunia.

Produk asuransi kematian ini dapat memberikan santunan hingga mencapai Rp20 miliar.

2. Asuransi jiwa AIA

Perusahaan Asuransi AIA juga tidak kalah dalam menawarkan produk terbaiknya dalam hal melindungimu dan keluarga dari risiko finansial, termasuk risiko tutup usia.

Salah satu produk asuransi jiwa yang patut dijadikan rekomendasi adalah AIA Critical Protection.

Produk asuransi ini sangat cocok bagi yang membutuhkan perlindungan awal dari risiko finansial terhadap tutup usia. 

Dengan pilihan pembayaran premi antara 10 sampai dengan 20 tahun, kamu akan mendapatkan pertanggungan dua kali lipat jika mengalami risiko meninggal dari anggota keluarga.

3. Asuransi pemakaman Oja

Untuk kali pertama, Indonesia memiliki asuransi pemakaman khusus yang bernama ‘Oja’. Mungkin sebagian dari kamu masih kurang paham mengenai jenis asuransi pemakaman.

Bila beberapa asuransi jiwa berfokus pada uang pertanggungan untuk keluarga maka asuransi pemakaman malah mengedepankan biaya pemakaman. Sebab, khususnya di Indonesia, biaya tersebut tidak sedikit.

Dengan catatan, pada beberapa asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi mikro juga terdapat santunan kematian yang diberikan untuk pemakaman.

Premi asuransi mulai dari Rp15.600 hingga Rp156.000 per bulan, kamu akan mendapatkan biaya tanggungan pemakaman mencapai Rp100 juta.

Tentu jenis asuransi ini cocok sekali untuk kamu yang membutuhkan biaya lebih soal kematian.

4. Asuransi Great Eastern Life

Asuransi Great Eastern Life juga punya klaim meninggal dunia, lho. Klaimnya dapat dilakukan setelah pemegang polis meninggal sampai 90 hari dihitung sejak tanggal meninggal.

Kalau klaim meninggal dunia baru diajukan setelah masa tunggu 90 hari tersebut terlewat maka ahli waris perlu membuat surat kronologi alasan keterlambatan.

Pembayaran manfaat klaim meninggal dunia memerlukan waktu 14 hari terhitung dari tanggal diterima berkas persyaratan, namun jika investigasi diperlukan, waktu akan lebih panjang.

5. Asuransi AXA

Asuransi AXA Mandiri terkenal dengan jaringan perlindungannya yang tersebar di seluruh dunia.

Manfaat yang ditawarkan juga terbilang luas seperti perlindungan menyeluruh untuk pribadi dan keluarga, perlindungan atas risiko kanker, premi murah sesuai usia dan paket.

Asuransi jiwa AXA Indonesia memberikan 100% hingga 200% uang pertanggungan atas segala kejadian sakit atau kecelakaan yang menyebabkan terjadinya risiko meninggal dunia.

6. Asuransi Allianz

Selanjutnya ada asuransi kematian Allianz. Melalui Allianz Uang Duka, Allianz memberikan santunan kematian dari produk kumpulan Allianz yang bisa diakses oleh masyarakat di tingkat RT/RW dan kelurahan.

Selain itu, SmartProtection Group Term Life mendukung asas gotong royong dalam membantu sesama jika salah satu dari warga RT/RW mengalami musibah kematian dan meringankan beban keluarga yang ditinggal akibat biaya pengurusan jenazah dan harga tanah pemakaman.

Bagi yang tertarik dengan program di atas, preminya cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp1.500 per warga per bulannya. Manfaat per kematian adalah mulai dari Rp2 juta. 

7. Asuransi Prudential

Salah satu produk asuransi Prudential yang memberikan perlindungan jiwa adalah PRUpersonal Accident Death & Disablement Plus Syariah.

Asuransi kematian Prudential ini memberikan perlindungan terhadap risiko kecelakaan yang disesuaikan dengan prinsip-prinsip syariah.

Ada perlindungan komprehensif yang ditawarkan, 300% santunan asuransi bagi yang meninggal dunia karena kecelakaan khusus, serta santunan terhadap mereka yang mengalami cacat permanen.

Jika melihat dari manfaat semua asuransi meninggal dunia yang sudah dipaparkan, tentu kamu juga membutuhkan asuransi pemakaman. Kenapa?

Belum tentu semua santunan asuransi jiwa yang diberikan oleh pihak asuransi dapat membantu pihak keluarga yang ditinggalkan untuk menutupi finansial selama beberapa tahun ke depan.

Karena itu, pastikan asuransi yang kamu miliki memiliki jaminan yang cukup besar untuk menutupi pembiayaan pemakaman dan setelahnya yang tidak sedikit jumlahnya. 

8. Ciputra Life Citra Jaminan Pasti 50

Selanjutnya ada asuransi jiwa dari Ciputra Life yang preminya mulai dari Rp175 ribu per bulan. Asuransi ini memberikan perlindungan hingga 20 tahun dengan masa pembayaran premi 5 tahun.

Jika tidak ada klaim selama masa premi maka akan ada pengembalian premi sebanyak 160% di tahun ke-20.

Jika tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan, ahli waris akan mendapatkan santunan meninggal dunia hingga Rp100 juta. Sedangkan santunan untuk meninggal dunia karena sakit adalah sebesar Rp50 juta.

9. Pacific Life Jelita

Pacific Life Jelita adalah salah satu produk andalan dari Asuransi Pacific Life. Produk yang satu ini dikhususkan untuk tertanggung perempuan atas risiko penyakit kritis hingga meninggal dunia akibat sakit maupun kecelakaan.

Usia masuk untuk asuransi ini adalah 18-59 tahun, namun polisnya bisa diperpanjang hingga usia 65 tahun.

Uang pertanggungan yang didapatkan jika meninggal dunia karena sakit atau kecelakaan adalah hingga Rp500 juta.

Sedangkan untuk penyakit kritis yang ditanggung adalah kanker payudara, kanker serviks, kanker rahim, kanker paru, kanker usus besar, dan kanker kulit.

Ada juga manfaat pengembalian premi sebanyak 25% di tahun ke-3.

10. Asuransi Jiwa Central Asia Raya

Salah satu asuransi jiwa yang menawarkan santunan meninggal dunia hingga Rp 1 miliar adalah polis CAR Life Protection 20 dari Asuransi CAR.

Kamu bisa mendapatkan manfaat ini hanya dengan premi mulai dari Rp250 ribu per bulan.

Masa pembayaran preminya adalah 5 tahun dengan masa perlindungan hingga 20 tahun. Ada juga manfaat nilai tunai yang bisa didapatkan di tahun ke-10 jika tidak ada klaim.

Berapa uang pertanggungan asuransi kematian?

Uang pertanggungan asuransi jiwa sendiri bisa dihitung berdasarkan pendapatan maupun pengeluaran. Kamu bisa hitung uang pertanggungan berdasarkan pengeluaran atau pendapatan dengan kalkulator uang pertanggungan di bawah ini.

Setiap polis menawarkan manfaat yang berbeda-beda. Bukan hanya uang pertanggungan saja, ada juga asuransi jiwa yang juga menawarkan asuransi kesehatan.

Seperti dilihat dari jenisnya, manfaat asuransi jiwa juga memang beragam. Ada yang bisa dijadikan sebagai tabungan seperti asuransi dwiguna dan ada juga yang bisa dijadikan investasi, yaitu asuransi unit link.

Apa pun asuransi yang dipilih, pastikan kamu mengetahui manfaatnya dengan jelas agar tidak salah pilih.

Asuransi kematian Taspen dan BPJS Ketenagakerjaan

Selain asuransi jiwa untuk asuransi kematian yang bisa dibeli secara mandiri, umumnya karyawan juga mendapatkan santunan kematian perusahaan.

Contohnya adalah asuransi kematian BPJS Ketenagakerjaan dan Taspen. Kedua asuransi ini dimiliki oleh pekerja dan memberikan beberapa jaminan, salah satunya termasuk jaminan kematian.

Taspen sendiri merupakan asuransi yang dikhususkan untuk ASN atau PNS, sedangkan pegawai swasta biasanya memiliki BPJS Ketenagakerjaan.

Biaya premi ditanggung oleh perusahaan sehingga karyawan tidak perlu memikirkannya. Namun biasanya santunan yang diberikan juga tidak sebesar asuransi swasta.

Maka dari itu, kamu harus sudah tahu berapa pengeluaran keluargamu setiap bulannya agar tahu juga berapa idealnya uang pertanggungan asuransi yang bisa didapatkan.

Kenapa asuransi kematian penting?

Agar lebih memahami apa pentingnya asuransi jiwa atau asuransi kematian. Berikut beberapa poin yang bisa kamu pahami:

  • Kematian pasti terjadi. Kehidupan penuh ketidakpastian, namun kematian sendiri adalah hal yang pasti terjadi.
  • Memberikan rasa aman. Kamu tidak perlu memikirkan bagaimana nanti keluarga dapat bertahan hidup setelah kepergianmu sebagai pencari nafkah. Rasa aman ini pun bisa membuat kamu jadi lebih tenang menjalani keseharian.
  • Sebagai tanda cinta untuk keluarga. Memikirkan kehidupan keluarga bahkan setelah kamu sudah tidak mampu untuk membantu adalah salah satu tanda cinta untuk keluarga.

Tips dari Lifepal! Apabila kamu memiliki tanggungan, memang sangat disarankan untuk memiliki asuransi jiwa atau asuransi kematian ini.

Biaya pemakanan memang tidak murah, apalagi keluarga juga tentu membutuhkan dukungan finansial apabila kehilangan anggota keluarga yang merupakan sumber penghasilan.

Maka dari itu jika kamu merupakan anggota keluarga yang memiliki tanggungan. Kamu wajib mempertimbangkan asuransi ini. Dapatkan rekomendasi asuransi sesuai kebutuhanmu di Lifepal.

Pertanyaan seputar asuransi kematian

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.