VIVA Lifestyle – Wisata Pacitan ada banyak dan berbagai macam jenisnya, apalagi wisata alamnya yang sangat indah dan memesona. Kota Pacitan juga dijuluki sebagai Kota Seribu Gua dan memiliki daya tariknya tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjunginya. Pada kali ini akan disebutkan sejumlah gua yang direkomendasikan untuk dikunjungi. 

Lokasi Pacitan juga berdekatan dengan laut sehingga terdapat banyak wisata pantai dengan pemandangan yang memesona dan menakjubkan. Pada kesempatan kali ini juga akan dibahas mengenai sejumlah pantai yang bisa menjadi pilihan untuk disambangi. Wisata Pacitan kebanyakan bernuansa alam karena diketahui terdiri dari 85% area perbukitan dan pegunungan berdasarkan situs Bappeda Jawa Timur.  Berikut ini wisata pantai dan gua yang ada di Pacitan yang telah dihimpun dari berbagai sumber. 

Wisata Pantai di Pacitan

1. Pantai Srau 

6 Wisata Pacitan Pantai dan Gua dengan Pemandangan Menakjubkan

Pantai Srau

Photo :

Pantai Srau berada di Dusun Srau, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Pacitan. Ombak pantainya disebut cocok untuk berselancar dan pasirnya bersih serta lembut. Di sekitar pantai dikelilingi oleh perbukitan dengan pemandangan indah yang menjadi daya tarik. 

Saat air laut sedang surut, pengunjung bisa menuju bebatuan dengan berjalan kaki untuk menjadi spot foto yang bagus. 

Selain itu, pengunjung juga bisa berkemah di pantai Srau dan ditemani dengan hamparan laut yang berwarna biru dan deburan ombak. Dari kota Pacitan, pantai Srau ini hanya berjarak sekitar 25 km dan memerlukan waktu 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor. 

2. Pantai Teleng Ria 

Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria

Photo :

Selanjutnya ada pantai Teleng Ria di Pacitan yang jaraknya hanya sekitar 3,5 km dari pusat kota. Karena tidak terlalu jauh, wisata Pacitan ini mudah diakses oleh para wisatawan. Pantai Teleng Ria memiliki pasir yang berwarna putih. Ombaknya yang cukup tinggi, pantai ini juga terkadang dijadikan sebagai tempat berselancar bagi para pemula.

Pengunjung juga bisa menuju pantai sisi barat untuk melihat para nelayan yang sedang memancing dengan berjalan kaki. Pantai Teleng Ria ini diapit oleh pegunungan sehingga pemandangannya sangat luar biasa indah, apalagi saat matahari terbenam (sunset). 

3.Pantai Watu Karung 

Wisata Pacitan

Ada juga pantai Watu Karung yang berlokasi di daerah Pringkutung sebagai salah satu wisata Pacitan. Rata-rata pantai di Pacitan memiliki ombak yang cukup tinggi sehingga kerap dipakai oleh pengunjung untuk berselancar. Banyak juga kegiatan lain yang bisa dicoba seperti memancing, karena cukup banyak ikannya. 

Warna lautnya juga biru, ditambah lagi dengan pasir pantai yang putih dan menambah keindahan pantai. Pantai juga terlihat luas karena di sekitarnya dikelilingi oleh perbukitan yang hijau. 

Namun, perlu diketahui bahwa akses jalan menuju pantai Watu Karung cukup menantang meskipun masih bisa dicapai oleh kendaraan roda dua maupun empat. Jarak dari pusat kota menuju pantai Watu Karung sekitar 40 km. Pengunjung yang membawa kendaraan roda dua bisa membawanya hingga ke tepi pantai.

Wisata Gua di Pacitan

4. Gua Gong

Gua Gong

Gua Gong menjadi salah satu wisata Pacitan yang cukup terkenal dengan bernuansa alam. Gua ini berada di balik pegunungan yang tandus dan gersang, namun Gua Gong sendiri memiliki pesona alam yang sangat indah. 

Menjadi objek wisata alam yang eksotis, Gua Gong terletak di daerah Kabupaten Pacitan. Saat berkunjung, para wisatawan akan disambut dengan deretan batu alam yang berbentuk seperti air mengeras yang menggantung di atap-atapnya. 

5. Gua Tabuhan

Inilah 10 Tempat Wisata Di Pacitan Yang Paling Menakjubkan

Inilah 10 Tempat Wisata Di Pacitan Yang Paling Menakjubkan

Wisata Pacitan gua yang selanjutnya ada Gua Tabuhan yang terletak di pesisir barat daya Jawa Timur, tepatnya di Desa Wareng, Kecamatan Punung. Nama Tabuhan diberikan karena suara stalaktit limestone dalam gua terdengar seperti suara tabuhan nada yang bergema. Pemandangan Gua Tabuhan ini juga sangat indah dan menakjubkan. 

Jarak Gua Tabuhan dari pusat kota sekitar 40 km. Tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang terbilang cukup lengkap seperti ada mushola dan toko souvenir yang tersedia bagi pengunjung yang ingin membeli oleh-oleh. 

6. Gua Luweng Jaran

Gua Luweng Jaran

Gua Luweng Jaran

Photo :

  • kebudayaan.kemdikbud.go.id

Selanjutnya ada Gua Luweng Jaran yang panjangnya mencapai 24 km. Gua Luweng Jaran terletak di Kecamatan Punung, Pacitan, Jawa Timur. Wisata Pacitan gua ini pertama kali ditemukan oleh penduduk setempat. Barulah setelah itu gua Luweng Jaran ini dieksplorasi oleh tim Ekspedisi Gabungan Anglo-Australia pada tahun 1984 yang didampingi juga oleh penjelajah Gua Indonesia. 

Gua Luweng Jaran ini cukup megah dan pengunjung bisa masuk lewat celah sempit di dekat aliran sungai. Sebaiknya, jangan berkunjung ke gua saat musim hujan karena akan sangat berbahaya. Gua ini tergolong sebagai gua vertikal berdasarkan situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), sehingga bagi kamu yang ingin mengunjungi gua ini dan menikmati keindahannya diperlukan keahlian khusus seperti Single Rope Technique (SRT).

Tinggi gua ini terdiri dari dua pitch, pertama tingginya sekitar 8 m dan pitch yang kedua tingginya mencapai 25 m.  Selain itu, gua ini juga dikenal memiliki labirin karena cabang jalannya dan bergradasi. Bagi kamu yang ingin berkunjung disarankan agar membawa peta atau bisa juga meninggalkan tanda saat melaluinya supaya tidak tersesat di dalam gua. 

Itulah ulasan mengenai wisata Pacitan bernuansa alam yakni pantai dan gua yang bisa menjadi referensi untuk dikunjungi saat berlibur. Kamu bisa memiliki tempat mana yang menurutmu paling cocok untuk dikunjungi dan nyaman untuk me-refreshing diri. Semoga tulisan ini dapat membantu bagi kamu yang sedang mencari dan membutuhkannya. 

Artikel ini bersumber dari www.viva.co.id.