Travel  

Punya Destinasi Wisata Baru, Berikut Tempat yang Perlu Disambangi Saat Berlibur ke Hong Kong

redaksiutama.com – – Hong Kong menjadi salah satu destinasi wisata impian bagi wisatawan Indonesia. Pasalnya, kota berjuluk Mutiara dari Timur ini mampu menawarkan sejuta pengalaman wisata yang menyenangkan.

Apalagi, dalam tiga tahun terakhir, sektor pariwisata Hong Kong telah mengalami banyak perkembangan. Ini ditunjukkan dengan banyaknya destinasi dan atraksi wisata yang baru dibuka.

Dengan mengusung tema “Petualangan Baru Setiap Saat”, semua destinasi dan atraksi wisata tersebut hadir untuk menawarkan berbagai keajaiban dan pengalaman liburan berbeda dari yang pernah ada.

Sebagai informasi, lewat tema tersebut, Hong Kong Tourism Board membagi wisata Hong Kong ke dalam empat kategori, yakni Seni dan Budaya, Luar Ruang Seru, Jelajah dan Atraksi, serta Belanja, Bersantap, dan Menginap.

Berikut rekomendasi wisata yang bisa kamu kunjungi nanti di Hong Kong sesuai kategori yang diusung.

1. Tai Kwun

Tai Kwun merupakan Pusat Warisan dan Seni Hong Kong. Kompleks tempat fasilitas ini berdiri kemudian direvitalisasi oleh pemerintah setempat pada 2008 menjadi Tai Kwun Centre of Art and Culture. Proyek revitalisasi tersebut merupakan proyek revitalisasi paling signifikan di Hong Kong.

Proses revitalisasi kawasan Tai Kwun memadukan desain klasik dan modern. Namun, pengerjaannya dilakukan dengan cermat agar keaslian dan sejarah dari tempat itu tetap terjaga. Hal ini membuat Tai kwun menjadi salah satu kawasan real estate paling mahal di dunia.

Terdapat tiga monumen yang dideklarasikan Hong Kong di kawasan Tai Kwun, yakni bekas kantor polisi pusat, kejaksaan pusat, dan Penjara Victoria. Kamu akan dibuat kagum oleh pemandangan bangunan bersejarah era kolonial tersebut.

Tai Kwun juga menyajikan pertunjukkan seni yang digelar secara reguler, seperti pameran, konser, teater, dan festival film.

Bagi yang tertarik dengan wisata seni, kamu juga bisa mengunjungi sejumlah destinasi lainnya, salah satunya M+ yang ada di West Kowloon Cultural District. Tempat tersebut adalah museum budaya visual modern dan kontemporer terbesar di dunia.

Di sini, kamu bisa menyaksikan pameran yang menampilkan budaya visual abad ke-20 dan ke-21 yang meliputi seni rupa, desain dan arsitektur, serta gambar bergerak.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengunjungi Hong Kong Palace Museum, Xiqu Centre, dan Mural Villages untuk menikmati beragam karya seni.

2. Sha Tau Kok

Jika ingin berwisata outdoor, berkunjunglah ke Sha Tau Kok yang ada di distrik Yantian di Shenzhen. Spot ini merupakan dermaga terpanjang di Hong Kong yang dulunya tertutup dan tak bisa diakses secara sembarangan.

Kala itu, wisatawan yang ingin berkunjung ke Sha Tau Kok harus meminta izin terlebih dahulu pada penduduk setempat. Namun, Pemerintah Hong Kong telah resmi membuka akses bagi pengunjung yang ingin datang ke Sha Tau Kok secara bertahap pada Juni 2022.

Pada awal pembukaan, pengunjung bisa menelusuri Sha Tau Kok untuk melihat pemandangan dan mengunjungi beberapa bazar yang diadakan pada hari tertentu oleh pengelola untuk meramaikan suasana.

Pengunjung juga dapat menaiki feri untuk menyambangi beberapa spot wisata menarik lain di sekitar Sha Tau Kok, seperti Lai Chi Wo, Kat O dan Ap Chau.

Selain Sha Tau Kok, Hong Kong juga memiliki destinasi wisata outdoor lain yang wajib dikunjungi. Bahkan, kamu juga bisa melakukan sejumlah aktivitas seru di tempat tersebut, seperti bersepeda di kawasan Tuen Mun dan Ma On Shan.

Perlu diketahui, Tuen Mun dan Ma On Shan memiliki jalur khusus bersepeda dengan panjang mencapai 60 kilometer.

Bagi penggemar wisata air, kamu juga bisa mengunjungi kawasan Sai Kung. Di kawasan ini, kamu dapat menikmati keindahan Hong Kong UNESCO Global Geopark yang terdiri dari dua gugusan pulau yang terpisah.

3. Castle of Magical Dreams dan Momentous Lightshow

Castle of Magical Dreams dan Momentous Lightshow merupakan atraksi baru di Hong Kong Disneyland yang diresmikan pada November 2020. Destinasi ini termasuk dalam kategori Jelajah dan Atraksi.

Castle of Magical Dreams sendiri dibuat sebagai penghormatan untuk 14 karakter putri dan ratu Disney yang dikenal gigih dalam mengejar impiannya.

Oleh karena itu, arsitektur kastil tersebut, mulai dari warna, ikon, pola, hingga desain menara, dibuat berdasarkan identitas masing-masing tokoh tersebut.

Sementara itu, Momentous Lightshow merupakan pertunjukan malam di Disney Hong Kong yang menyajikan atraksi cahaya dan musik, serta pemandangan malam yang spektakuler.

Saat berada di dalam atraksi tersebut, wisatawan akan dibuat bernostalgia dengan keberadaan puluhan karakter dari Disney Animation dan Pixar, seperti Dumbo, The Lion King, Peter Pan, Frozen, Zootopia, Coco, Up, dan Tangled.

Bagi wisatawan yang ingin merasakan keseruan bermain seperti di atraksi wisata macam Disneyland, kamu juga bisa mengunjungi Ocean Park Water World, LEGOLAND Discovery Centre, The Peak, dan museum Madame Tussauds.

4. Harbour City

Terletak di sebelah Pelabuhan Victoria, Harbour City merupakan mal terbesar di Hong Kong yang menawarkan pengalaman bersantap unik.

Mal ini memang bukan tempat yang baru, tapi Harbour City terus memperbarui pilihan kulinernya secara berkala.

Setidaknya, sejak awal tahun 2022, terdapat sekitar 20 restoran baru di kawasan tersebut yang menawarkan berbagai jenis kuliner, mulai dari lokal hingga internasional.

Sebagai informasi, menu makanan yang ditawarkan oleh sejumlah restoran dan kafe yang ada di Harbour City kerap berubah-ubah. Maka dari itu, jangan heran jika kamu tak dapat menemukan menu yang sama saat kembali berkunjung di kemudian hari.

Untuk yang ingin merasakan keseruan wisata Bersantap, Belanja, dan Mengingap, kamu bisa mengunjungi sejumlah tempat, mulai dari restoran macam Wing, JAJA, dan KIN Food Hall, pusat perbelanjaan 618 Shanghai Street dan Central Market, serta hotel seperti The Fullerton Ocean Park dan WM Hotel Sai Kung.

Itu tadi sejumlah destinasi wisata baru di Hong Kong yang sudah menanti kamu. Kamu bisa menikmati semuanya sekaligus ataupun memilih destinasi wisata yang sesuai dengan minat dan hobi.

Tunggu apa lagi? Segera masukkan destinasi wisata baru di Hong Kong di atas ke dalam bucket list kamu sambil merencanakan perjalanan ke Hong Kong berikutnya.