Windows 11 Alami Bug Menu Konteks dan File Explorer Lambat

redaksiutama.com – Windows 11 mulai diluncurkan pada 5 Oktober dan muncul dengan beberapa masalah yang diketahui, sebagian besar terkait dengan layanan printing.

Seperti yang nesabamedia.com laporkan sebelumnya, Microsoft telah mengkonfirmasi dan menawarkan perbaikan untuk masalah kinerja yang dialami pada perangkat AMD yang menjalankan versi terbaru Windows 11. Selain itu, Microsoft juga telah mengkonfirmasi laporan penggunaan memori yang tinggi yang disebabkan oleh Explorer.exe atau File Explorer.

Ternyata Windows 11 memiliki bug lain yang memperlambat kinerja menu konteks. Bug ini tampaknya terkait dengan perubahan yang dilakukan pada File Explorer dan menu konteks, tetapi kabar baiknya adalah bahwa perbaikan telah dikembangkan dan saat ini sedang diuji dengan Insiders.

Menu Konteks Lambat

Pada Windows 10 dan versi yang lebih lama, menu konteks bisa sangat panjang dan mempengaruhi kinerja platform secara keseluruhan. Menu konteks memiliki banyak opsi di dalamnya yang mungkin tidak pernah digunakan oleh sebagian besar pengguna dan mungkin ada masalah kinerja karena opsi dalam menu konteks dijalankan dari dalam Explorer.

Microsoft telah menciptakan pengalaman menu konteks baru untuk Windows 11 dan opsi yang paling penting atau sering digunakan sekarang muncul sebagai tombol di bagian atas menu. Namun, menu konteks baru Windows 11 memiliki bug sendiri dan Microsoft menyadari adanya kinerja yang menurun.

“Ada penundaan 0,5 detik dalam banyak kasus, tetapi juga terkadang anda dapat melihatnya mulai terbuka, lalu berkedip karena harus menyesuaikan kembali ukuran untuk menampilkan opsi,” seorang pengguna menjelaskan masalah dengan menu konteks baru di Feedback Hub.

“Membuka menu konteks begitu lambat dan setelah terbuka sekitar setengah item, macet selama beberapa detik. Berbeda dengan menu lama yang memiliki item dua kali lebih banyak, bisa dimuat secara instan, ”kata pengguna lain.

Menu konteks modern, yang berfungsi sangat baik pada perangkat sentuh, memiliki bug yang menyebabkan penundaan saat anda mengklik kanan di mana saja di desktop atau Explorer. Penundaan lebih terlihat pada perangkat dengan spesifikasi rendah dan beberapa pengguna dapat memperbaikinya dengan memulai ulang Explorer.exe.

Untungnya, Microsoft telah mengkonfirmasi bahwa mereka sedang mengerjakan peningkatan kinerja untuk menu konteks dan Build 22478 menyertakan perubahan yang akan meningkatkan kinerja peluncuran menu konteks.

Masalah kinerja File Explorer

File Explorer telah diperbarui dengan desain baru di Windows 11 dan juga dilengkapi dengan command bar baru yang mengacu pada header atau action bar yang muncul saat anda membuka Explorer. Command bar ini mirip dengan menu pita dan berisi pengaturan kustomisasi.

Dalam build ini, Microsoft juga telah membuat beberapa perubahan untuk meningkatkan keandalan explorer.exe dan mengurangi crash saat menggunakan File Explorer. Bug yang dapat membuat crash explorer.exe saat menggunakan menu konteks flyout Desktop sedang diperbaiki, dan bug crash lain yang terjadi saat menutup flyout desktop juga akan diperbaiki.

Perbaikan bug dan peningkatan ini akan mencapai kanal produksi akhir tahun ini atau awal tahun depan.

EDITOR: MUCHAMMAD ZAKARIA

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.