Samsung Galaxy A12 Jadi Smartphone Android Terlaris Tahun 2021

redaksiutama.com – NESABAMEDIA.COM – Counterpoint Research kembali dengan laporan lain soal industri smartphone. Kali ini, mereka mengungkap daftar 10 perangkat smartphone terlaris pada tahun 2021. Apple berada di peringkat atas dengan iPhone 12-nya, namun ada juga kabar baik untuk Samsung.

Tercatat, Samsung Galaxy A12 menjadi smartphone Android terlaris, paling banyak dibeli pada tahun 2021. Ini cukup menarik karena di lapangan banyak sekali brand yang bersaing pada segmen di kelas menengah, seperti Xiaomi, Oppo dan Realme.

Daftar smartphone Android terlaris pada tahun 2021 adalah sebagai berikut:

    iPhone 12

    iPhone 12 Pro Max

    iPhone 13

    iPhone 12 Pro

    iPhone 15

    Samsung Galaxy A12

    Xiaomi Redmi 9A

    iPhone SE 2020

    iPhone 13 Pro Max

    Xiaomi Redmi 9

Dari daftar di atas, terlihat jelas bahwa Apple menguasai lima peringkat teratas dan Samsung Galaxy A12 mengikuti di peringkat keenam. Menurut Counterpoint Research, Amerika Utara, Amerika Latin dan Eropa Barat menjadi pasar paling besar bagi Galaxy A12.

Smartphone tersebut memang dinilai sebagai perangkat yang sesuai harga, sehingga mendapatkan gelar smartphone Android paling banyak dibeli pada tahun 2021 bukanlah hal yang mengejutkan. Smartphone ini di pasaran dijual dengan harga kurang dari Rp2,5 jutaan.

Keunggulannya adalah menawarkan masa pakai baterai yang mengesankan, dukungan software dari Samsung untuk jangka lama, dan desain yang menarik. Meskipun fiturnya memang tidak ‘wah’, namun smartphone ini telah mencakup segala kebutuhan dasar yang dibutuhkan.

Lebih lanjut, Xiaomi menjadi satu-satunya perusahaan asal Cina yang masuk dalam daftar smartphone paling laris untuk tahun 2021. Mereka menempati urutan ketujuh dengan Redmi 9A dan di posisi kesepuluh dengan Redmi 9.

Beberapa hari yang lalu, Apple juga telah meluncurkan perangkat smartphone terbaru mereka yakni iPhone SE 3 2022, sehingga akan menarik untuk melihat apa yang akan ditawarkan smartphone Android untuk menyaingi perangkat baru dari Apple tersebut. Sebab yang jelas, persaingan di pasar smartphone akan semakin sengit, dengan semakin banyaknya model smartphone baru lain seperti smartphone lipat dan flip ke depannya.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.