Penyebab dan Cara Mengatasi Sertifikat Pelatihan Tidak Muncul di Dashboard Prakerja

redaksiutama.com – Supaya bisa mendapat insentif dari program kartu Prakerja, peserta harus memiliki sertifikat pelatihan terlebih dahulu. Untuk diketahui, sertifikat Prakerja merupakan tanda bahwa peserta telah mengikuti pelatihan kerja.

Sertifikat tersebut dapat diakses peserta melalui halaman dashboard situs web “Prakerja.go.id”. Namun, dalam beberapa kasus tertentu, kadang bisa jadi sertifikat Prakerja tidak muncul di dashboard.

Lantas, kenapa sertifikat Prakerja tidak muncul di dashboard? Masalah sertifikat Prakerja tidak muncul di dashboard bisa disebabkan karena beberapa faktor. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa penyebab sertifikat Prakerja tidak muncul di dashboard.

Penyebab sertifikat Prakerja tidak muncul di dashboard

    Peserta belum menyelesaikan seluruh rangkaian pelatihan dan dinyatakan lulus oleh lembaga penyedia pelatihan kerja.

    Seandainya telah dinyatakan lulus, tapi sertifikat tidak juga muncul, bisa disebabkan juga karena lembaga pelatihan belum mengirimkan laporan penyelesaian pelatihan ke platform digital mitra Prakerja (Bukalapak, Tokopedia, Pijar Mahir, dan sebagainya).

    Penyebab sertifikat Prakerja tidak muncul di dashboard yang berikutnya adalah platform digital mitra Prakerja belum mengirim laporan dari lembaga pelatihan ke Manajemen Pelaksana Prakerja.

    Belum memberikan ulasan dan rating pada lembaga pelatihan kerja di halaman dashboard Prakerja.

    Terdapat perbedaan nama yang terdaftar pada akun lembaga pelatihan dengan akun Prakerja. Alhasil, sertifikat bisa tidak segera muncul di dashboard.

Dengan beberapa penyebab di atas, lantas bagaimana cara mengatasi sertifikat Prakerja tidak muncul di dashboard? Simak, penjelasan di bawah ini, sebagaimana dilansir laman bantuan Kementerian Ketenagakerjaan.

Cara mengatasi sertifikat Prakerja tidak muncul di dashboard

    Pastikan nama yang terdaftar pada akun lembaga pelatihan dan akun Prakerja, telah sesuai.

    Pastikan telah menyelesaikan seluruh rangkaian pelatihan dari lembaga penyedia pelatihan.

    Bila telah menyelesaikan pelatihan, silakan masukkan ulasan dan rating pada lembaga pelatihan lewat menu “Pelatihanmu” di dashboard Prakerja.

    Jika sertifikat belum muncul, coba hubungi Call Center platform digital mitra Prakerja untuk membantu memeriksa proses laporan penyelesaian pelatihan. Daftar Call Center mitra Prakerja bisa dicek di situs ini https://kelembagaan.kemnaker.go.id.

Sebagi informasi tambahan, dikutip dari laman resmi Prakerja, sertifikat Prakerja idealnya bakal muncul paling lambat satu hari setelah (H+1) Manajemen Pelaksana Prakerja menerima laporan penyelesaian pelatihan dari platform digital mitra Prakerja.

Demikianlah penjelasan seputar penyebab dan cara mengatasi sertifikat Prakerja tidak muncul di dashboard, semoga bermanfaat.