Fitur Baru Windows 11 Yang ‘Disembunyikan’ Microsoft

redaksiutama.com – NESABAMEDIA.COM – Tampaknya, Windows 11 bakal mendapatkan banyak sekali fitur baru pada build berikutnya yang akan datang. Pengguna Twitter dengan akun Albacore, yang selama ini dikenal sebagai pembocor informasi seputar Windows, mengungkap detail baru ini beberapa waktu yang lalu.

Pertama, sepertinya Windows 11 akan mendapatkan tambahan visual baru untuk mempersonalisasi desktop anda dalam bentuk stiker di wallpaper. Ada beberapa opsi terkait hal ini yang memungkinkan anda untuk menambahkan stiker melalui pengaturan Personalization di menu konteks Edit Stickers. Berikut ini tangkapan layar fitur baru tersebut.

Windows 11 Add Stickers

Berikutnya, ada beberapa perubahan pada bagian Notifikasi. Ada pengaturan baru bernama Set Priority Notifications yang terpisah dari fitur Focus Assist. Berbicara mengenai Focus Assist, fitur ini pun juga diubah namanya menjadi hanya Focus. Terdapat juga beberapa perubahan lainnya di beberapa tempat. Untuk memperjelas bayangan anda, berikut ini tangkapan layar perubahan tersebut.

Perubahan Pengaturan Notifikasi Windows 11

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Focus Assist telah diubah menjadi hanya Focus, dan berikut snapshot seperti apa menu baru itu.

Pengaturan Focus Assist Yang Berubah Nama

Sebuah pengaturan ‘Sustainability’ baru juga ada, yang ditujukan untuk membantu dan mengingatkan pengguna dalam pengelolaan daya perangkat yang lebih baik. Albacore meyakini bahwa ikon berbentuk daun di bagian atas halaman, merujuk pada tingkat ekonomis dari PC (Eco Score).

Pengaturan Sustainability Baru

Terakhir, kita mungkin akan mendapatkan sebuah mode tablet baru seperti yang dijelaskan juga oleh Albacore bahwa akan ada sebuah pengaturan Taskbar baru yang bertuliskan “Menyembunyikan secara otomatis Taskbar ketika menggunakan perangkat sebagai tablet.”

Microsoft sebelumnya meninggalkan sebagian besar fitur mode tablet tradisional di Windows 11, namun di sisi lain mereka juga telah merencanakan banyak mode dan gesture atau gerakan baru untuk proyek Windows 10X, yang kemudian dibatalkan, termasuk juga perangkat tablet layar ganda.

Sebagai catatan, fitur-fitur baru itu saat ini hanya tersedia untuk penguji Windows 11 tertentu dalam jumlah kecil saja. Microsoft pun juga sama sekali tidak membicarakan fitur-fitur baru ini.

Mereka hanya mengatakan bahwa pengguna seperti Albacore memang telah menemukan fitur-fitur baru, namun pada dasarnya ini adalah fitur dalam status belum aktif. Lebih lanjut, Microsoft mengatakan mereka hanya akan membicarakan mengenai fitur yang memang telah aktif untuk diuji oleh para pengguna di program Insider.

EDITOR: MUCHAMMAD ZAKARIA

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.