Chrome Tambahkan Fitur Scrolling Screenshots Untuk Android 12

redaksiutama.com – NESABAMEDIA.COM – Salah satu dari banyak fitur baru yang dibawa oleh Android 12 adalah fitur Scrolling Screenshot, jadi anda bisa menangkap seluruh layar yang ketika anda membutuhkan opsi tersebut.

Namun, ketika Google mulai mengirimkan pembaruan utama pada sistem operasi selulernya itu ke banyak pengguna di bulan Oktober lalu, sepertinya ada salah satu aplikasi penting yang ternyata tidak mendukung fitur baru itu. Aplikasi itu adalah browser Chrome untuk Android.

Untungnya, kini Google dengan diam-diam menambahkan dukungan Scrolling Screenshot untuk browser Chrome, dan pengguna tidak perlu repot untuk melakukan apapun agar bisa mengaktifkan fitur tersebut.

Sumber nesabamedia.com mengatakan bahwa meski fitur Scrolling Screenshot ditujukan untuk bisa menggulir hingga ke seluruh layar dengan Android 12, sepertinya bagian bawah kiri tangkapan layar itu tidak bisa muncul di aplikasi browser Chrome. Masalah itu ternyata disebabkan oleh Chrome dan instance WebView yang ada tidak memiliki antarmuka berbasis tampilan standar. Google mengatakan bahwa mereka sebelumnya berupaya untuk menjadikan fitur itu tersedia untuk seluruh pengguna Android 12, dan kini akhirnya dukungan itu pun bisa diwujudkan.

Pada dasarnya, ketika anda mengambil tangkapan layar menggunakan browser Chrome, itu akan menampilkan tombol ‘Capture More’ di sebelah kanan dari ikon sunting dan berbagi. Ketika anda mengetuknya, anda akan mendapatkan tampilan layar penuh, di mana anda bisa memilih untuk menangkap lebih banyak dari layar, menggulir ke bawah ke seluruh website atau apapun yang ingin anda tangkap. Anda juga bisa melakukan penyuntingan, menyimpan dan secara langsung membaginya ke mana pun.

Fitur yang sudah diperbaiki ini sepertinya sudah tersedia di versi terbaru Google Chrome 96 di perangkat yang menjalankan Android 12. Ini artinya, lebih banyak perangkat Pixel termasuk Pixel 6 Pro dan perangkat yang telah diperbarui dengan pembaruan bulan Desember.

Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang ingin menyimpan halaman situs sebagai gambar ketimbang melakukan bookmarking. Ini juga akan melibatkan penangkapan dan pengelolaan gambar yang lebih sedikit, ketimbang harus menangkap layar untuk beberapa bagian satu-persatu.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.