News  

Sri Mulyani dorong generasi muda perkokoh kesatuan RI

Jakarta (ANTARA) – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendorong generasi muda untuk berkontribusi dalam memperkokoh kesatuan dan persatuan Indonesia seiring masyarakat Tanah Air yang memiliki berbagai perbedaan baik suku, agama hingga kebudayaan.

“Kalian diharapkan menjadi bibit-bibit yang memperkokoh persatuan dan kesatuan,” katanya dalam Kemenkeu Satu Negeri di Jakarta, Selasa.

Bekal para generasi muda untuk memperkokoh kesatuan dan persatuan salah satunya didapat melalui Program Kemenkeu Satu Negeri yang tahun ini bertema Satu Cita Majukan Indonesia.

Kemenkeu Satu Negeri yang pertama kali diselenggarakan pada 2021 merupakan kegiatan membangun komunikasi dan keterbukaan terhadap kebhinekaan antara peserta secondment Kementerian Keuangan dengan siswa SMP dari Sabang sampai Merauke.

Program ini telah berlangsung mulai 24 Juni sampai 8 Juli 2022 yang diikuti oleh sebanyak 150 siswa SMP dari Sabang hingga Merauke bahkan luar negeri seperti Serawak, Malaysia.

Sebanyak 150 orang siswa SMP tersebut terpilih dari total 2.937 pendaftar program Kemenkeu Satu Negeri yang diseleksi berdasarkan beberapa indikator.

Indikator itu di antaranya dilihat dari tekad para pendaftar untuk menjadi penggerak toleransi dan kebersamaan serta kemampuan komunikasi, akademis, motivasi dan sebagainya.

Sebanyak 150 siswa dari Sabang sampai Merauke tersebut diharapkan menggambarkan keterwakilan kebhinekaan Indonesia baik dari sisi pulau, suku, budaya dan agama.

Tujuan utama program ini adalah memupuk dan mengembangkan nilai-nilai kebhinekaan, perdamaian, toleransi serta meningkatkan kompetensi sosial dan kultural.

Tak hanya itu, program Kemenkeu Satu Negeri sekaligus mengenalkan fungsi, tugas dan kebijakan Kementerian Keuangan kepada seluruh pelajar Indonesia melalui 150 peserta tersebut.

“Program ini memang dirintis bersama Yayasan Sabang Merauke yang tujuannya untuk kita terus menyadarkan dan ikut memelihara kesatuan Indonesia,” tegasnya.

Baca juga: Menkeu: Nilai ibadah kurban harus diterapkan dalam menjaga uang negara

Baca juga: Sri Mulyani sebut pemerintah terus perkuat keamanan digital

Baca juga: Sri Mulyani terus lakukan transformasi digital untuk keuangan negara


 

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!