News  

Rentang bendera raksasa warnai perayaan HUT RI di KBRI Ankara

Luar biasa, orang Indonesia kreatif sekali mengekspresikan syukuran kemerdekaannya.

Jakarta (ANTARA) – Perayaan HUT ke-77 RI di KBRI Ankara, Turki pada Rabu (17/8) diwarnai dengan rentang bendera merah putih berukuran besar dan berbagai aksi debus oleh WNI di Turki.

Festival Merah Putih yang diselenggarakan oleh KBRI berlangsung di Wisma Duta Park, Ankara, Turki dan disaksikan oleh sekitar 900 WNI dan warga Turki (Sahabat Indonesia) yang hadir dari berbagai kota di Turki.

“Luar biasa, orang Indonesia kreatif sekali mengekspresikan syukuran kemerdekaannya. Saya baru sekali ini melihat ekspresi perayaan kemerdekaan yang sangat beragam seperti ini”, ungkap Gurhan Ulusoy, seorang anggota Sahabat Indonesia yang juga pengusaha sekaligus mantan Presiden Asosiasi Produsen Biji-Bijian (Turkish Grain Association) dalam keterangan tertulis KBRI Ankara.

Sebanyak 40 mahasiswa Indonesia dari Universitas Dumlupinar Kutahya menampilkan drama musikal yang menggabungkan antara aksi pencak silat dan debus. Sementara itu, 30 WNI merentangkan bendera merah putih raksasa seraya menyanyikan lagu “Kebyar Kebyar”.

Baca juga: KBRI ajak “Friends of Indonesia” di Venezuela rayakan HUT RI

Aksi debus saat memperingati HUT ke-77 RI di KBRI Ankara, Turki pada Rabu (17/8/2022). (ANTARA/HO-KBRI Ankara)



Festival Merah Putih juga menyuguhkan berbagai pentas seni seperti pergelaran musik oleh pelajar Indonesia di Turki, penampilan serta peluncuran Komunitas Stand Up Comedy PPI Turki, theater PPI Turki serta tersedia ratusan hadiah menarik, seperti tablet/laptop dan dua tiket pulang pergi ke Indonesia dari maskapai Qatar Airways.

Sanggar tari “Swara Bhineka” yang beranggotakan warga negara Turki juga ikut menampilkan tarian yang berasal dari pulau Sumatera.

Selain acara seni, KBRI Ankara juga menggelar pasar Indonesia yang bertemakan “Tombo Kangen”, di mana puluhan warga Indonesia diberi kesempatan untuk menjual makanan, minuman serta jajanan pasar.

“Ada 11 warung dibuka oleh kelompok-kelompok WNI di Ankara dan sekitarnya. Mulai dari bakso, nasi padang, tempe/tahu, sate ayam, cilok, teh boba, es teler sampai seblak dijual dan sebelum acara selesai sudah ludes,” ujar Budi Wardiman, Perbinlu KBRI Ankara yang mempersiapkan acara tersebut.

Festival Merah Putih mendapat dukungan berbagai sponsor dari Indonesia dan Turki. Selain didukung oleh sejumlah perusahaan, festival tersebut juga disokong penuh oleh Pemerintah Kota Ankara yang menyediakan akomodasi gratis bagi WNI yang datang dari luar kota Ankara di sejumlah asrama mahasiswa. Mereka juga menyediakan jalur bus listrik khusus secara gratis dari sejumlah titik keramaian di Ankara menuju Wisma Duta Park.

Baca juga: PCINU Jepang gelar tahlil akbar doakan pahlawan di momentum HUT RI

Baca juga: KBRI Pretoria beri penghargaan kepada WNI berprestasi di Afsel

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!