News  

KKI Warsi: Ikutkan masyarakat kelola hutan capai bersih gas rumah kaca

Bahwa ketika masyarakat mendapatkan hak, mereka bertanggung jawab. Mereka akan menjalankan rencana kerja

Jakarta (ANTARA) – Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi menyatakan pengelolaan hutan bersama masyarakat (PHBM) memiliki peluang besar untuk mendukung langkah Indonesia mencapai net sink atau penyerapan bersih gas rumah kaca.

Untuk sektor kehutanan dan penggunaan lahan (forestry and other land use/FoLU) penyerapan bersih gas rumah kaca ditargetkan tercapai pada 2030.

“Pengelolaan hutan bersama masyarakat atau CBFM (Community Based Forest Management) pada dasarnya memiliki peluang yang sangat besar untuk mendukung FoLU Net Sink 2030. Apalagi kalau diikuti dengan percepatan target PHBM,” kata Koordinator Program KKI Warsi Emmy Primadona dalam diskusi virtual diikuti di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Warsi dan DLH dorong percepatan pengakuan masyarakat hutan adat

Dia memberi contoh pengelolaan hutan dengan masyarakat seperti yang dilakukan di Bujang Raba, Jambi, membantu upaya menjaga kawasan hutan. Dari data Warsi sejak 2013 sampai 2018 tidak ada pembukaan lahan baru dengan terdapat sekitar 5.300 hektare lahan.

Pengurangan tutupan terjadi pada 2019 ketika terjadi kebakaran hutan dan sebagai dampak musim panas yang kering.

Pencapaian masyarakat Bujang Raba, menurutnya, memperlihatkan bahwa PHBM dan perhutanan sosial memiliki potensi besar berkontribusi dalam mencapai target FoLU Net Sink 2030.

Baca juga: Desa perbatasan Kaltara-Serawak bisa diakses online

“Bahwa ketika masyarakat mendapatkan hak, mereka bertanggung jawab. Mereka akan menjalankan rencana kerja,” tuturnya.

Dia mengatakan bahwa pengelolaan hutan yang lestari oleh masyarakat membutuhkan fasilitasi pemberdayaan, penguatan kelembagaan dan dukungan finansial holistik dari berbagai pihak.

Dukungan atas pengelolaan jasa lingkungan juga sangat penting dilakukan sebagai bentuk insentif atas upaya perlindungan hutan yang dilakukan oleh komunitas.

Baca juga: KKI Warsi: Konflik harimau dengan manusia di Jambi kembali terulang

 

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!