News  

Kementerian ESDM raih juara pada 3 kategori BKN Award 2022

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meraih juara pada tiga kategori penghargaan BKN Award Tahun 2022 sebagai hasil optimalisasi pelayanan dan pengelolaan manajemen kepegawaian Aparatur Sipil Negara (ASN).

Ketiga juara itu yakni juara I pada kategori Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian, juara III pada kategori Penerapan Pemanfaatan Data Sistem Informasi dan CAT, dan juara III pada kategori Implementasi Manajemen ASN Terbaik.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku institusi penyelenggara menilai Kementerian ESDM memiliki kinerja yang baik dalam menjalankan program kegiatan dan memperbaiki manajemen ASN.

Alhamdulillah kami dipercaya sebagai salah satu institusi yang terbaik. Ini jadi modal kami untuk terus meningkatkan inovasi agar pelayanan pegawai makin optimal,” kata Kepala Biro Sumber Daya Manusia Kementerian ESDM Muhammad Rizwi Jilanissaf Hisjam dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Dalam berbagai kesempatan, kata Rizwi, Menteri ESDM Arifin Tasrif berpesan pengelolaan manajemen ASN menjadi fokus utama program di bawah kepemimpinannya, sehingga mampu menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dan adaptif terhadap berbagai dinamika.

Baca juga: Kementerian ESDM sabet dua kategori penghargaan BKN Award 2021

“Bila tujuan ini tercapai pelayanan kepada masyarakat akan lebih optimal,” ujarnya.

Rizwi berharap prestasi ini mampu menjadi semangat bagi pengelola kepegawaian unit di lingkungan Kementerian ESDM dalam memberikan pelayanan administrasi kepegawaian yang lebih baik lagi.

BKN Award 2022 merupakan rangkaian dari acara Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian yang dibuka oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara dan dihadiri secara daring dan luring oleh perwakilan kementerian/lembaga dan perwakilan pemerintahan pusat, provinsi dan kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Selama setahun terakhir, BKN telah memonitoring penilaian indeks implementasi Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) manajemen ASN meliputi penyusunan dan penetapan kebutuhan, pengadaan ASN, pengangkatan ASN, pangkat, jabatan, pola karier, pengembangan karier ASN, mutasi, penilaian kinerja, penggajian, tunjangan, dan fasilitasi, penghargaan, disiplin, cuti, kode etik, pemberhentian, jaminan pensiun dan hari tua, pensiun dan perlindungan.

BKN Award 2022 terbagi dalam lima kategori yakni Perencanaan Pengadaan dan Mutasi Kepegawaian; Penerapan Pemanfaatan Data Sistem Informasi dan CAT; Penilaian Kompetensi; Implementasi Penilaian Kinerja; dan Implementasi Manajemen ASN Terbaik.

Pada BKN Award 2022 Kementerian ESDM termasuk dalam kategori tipe besar yang mana pembagian tipe besar dan kecil dilihat berdasarkan beban kerja dan jumlah pegawai secara keseluruhan.

Baca juga: Kementerian ESDM raih predikat Sangat Baik dari KASN

 

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!