News  

Ini Hukum Makan Sebelum Sholat Idul Adha, Jangan Keliru Agar Dapat Berkah

Suara.com – Hari Raya Idul Adha menjadi hari besar agama Islam yang diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Dalam perayaan hari tersebut, umat Islam akan mengerjakan sholat Ied atau sholat Idul Adha dan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Taukah Anda bagaimana hukum makan sebelum sholat Idul Adha? 

Sebagian orang akan menyempatkan untuk makan sebelum mengerjakan sholat Idul Adha. Lantas hukum makan sebelum sholat Idul Adha apakah dianjurkan bagi umat muslim? 

Hukum Makan Sebelum Sholat Idul Adha 

Sebelum berangkat sholat Idul Adha umat muslim dianjurkan untuk tidak makan terlebih dahulu. Tidak makan sebelum sholat Idul Adha sendiri memiliki ketetapan hukum sunah. Artinya, pahala akan didapat oleh siapa saja yang melakukan amalan sunnah tersebut. Tetapi jika tidak dilakukan pun tidak akan menjadi dosa. 

Baca Juga:
Bacaan Niat Sholat Idul Adha untuk Makmum, Imam dan Sendiri Lengkap

Hal ini sebagaimana tercantum dalam  hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah yang berbunyi: 

Pada hari Idul Fitri, Rasulullah SAW tidak keluar untuk shalat hingga beliau makan terlebih dahulu. Sementara pada Hari Raya Idul Adha (Nahr), beliau tidak makan hingga kembali (dari shalat),” (HR. Ibnu Majah 1746). 

Selain itu, Ibnu Qudamah rahimahullah juga berkata: 

Imam Ahmad berkata: “Saat Idul Adha dianjurkan tidak makan hingga kembali dan memakan hasil sembelihan qurban. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam makan dari hasil sembelihan qurbannya. Jika seseorang tidak memiliki qurban (tidak berqurban), maka tidak masalah jika ia makan terlebih dahulu sebelum shalat ‘ied.” (Al Mughni, 2: 228) 

Berdasarkan penggalan hadits di atas, tentu sudah jelas bahwa hal ini berbeda dengan amalan sunnah sebelum Idul Fitri yang menganjurkan untuk umat muslim makan terlebih dahulu. Sementara saat hendak sholat Idul Adha, umat muslim tidak dianjurkan untuk makan terlebih dahulu. 

Baca Juga:
Apakah Nabi Ismail Benar-Benar Disembelih Ayahnya?

Hukum makan sebelum sholat Idul Adha ini harus diperhatikan oleh semua umat Muslim, baik mereka yang saat itu berkurban maupun tidak berkurban. Anjuran ini berlaku bagi seluruh umat muslim yang hendak menjalankan sholat Idul Adha. 


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!