News  

Dolar jatuh terendah 3 minggu, kekhawatiran resesi lampaui inflasi

New York (ANTARA) – Dolar tergelincir ke level terendah tiga minggu dalam perdagangan berombak pada akhir transaksi Jumat (Sabtu pagi WIB), karena kekhawatiran investor tentang resesi melebihi kekhawatiran inflasi di tengah kumpulan data ekonomi yang beragam.

Ada juga banyak pedagang menutup posisi mereka dan keluar dari pasar.

Sebelumnya, angka ekonomi AS menunjukkan bahwa inflasi melanjutkan kenaikan panasnya pada Juni, menjaga Federal Reserve di jalur untuk menaikkan suku bunga seagresif yang dianggap perlu.

Indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) melonjak 1,0 persen bulan lalu, kenaikan terbesar sejak September 2005 dan mengikuti kenaikan 0,6 persen pada Mei. Dalam 12 bulan hingga Juni, indeks harga PCE naik 6,8 persen, kenaikan terbesar sejak Januari 1982.

Tidak termasuk komponen makanan dan energi yang mudah menguap, indeks harga PCE meningkat 0,6 persen setelah naik 0,3 persen pada Mei.

Baca juga: Dolar tergelincir, dipicu ekonomi AS terkontraksi 2 kuartal beruntun

Dolar awalnya naik karena angka inflasi, tetapi kenaikannya gagal di tengah laporan akhir University of Michigan yang menunjukkan ekspektasi inflasi konsumen tergelincir pada Juli.

Ketua Federal Reserve (Fed) Jerome Powell telah menyebutkan survei Michigan bulan lalu sebagai kunci di balik poros ke postur suku bunga yang lebih agresif.

Greenback juga sebagian terbebani oleh data yang menunjukkan indeks manufaktur Chicago jatuh ke level terendah 23-bulan di 52,1 dari terendah sebelumnya di 56,0, menurut Action Economics.

Dalam perdagangan sore, indeks dolar, ukuran nilainya terhadap enam mata uang utama lainnya, melemah 0,3 persen menjadi 105,89. Sebelumnya, indeks meluncur ke palung tiga minggu di 105,53.

Baca juga: Harga emas naik lagi 12,6 dolar AS, dipicu dolar yang terus melemah

“Pedagang terlibat dalam beberapa penutupan posisi akhir kuartal, mempersiapkan periode di mana inflasi dan tingkat pertumbuhan mereda, memiringkan perbedaan suku bunga terhadap dolar,” kata Kepala Strategi Pasar di perusahaan pembayaran Corpay, Karl Schamotta, di Toronto.

“Laporan pekerjaan (AS) minggu depan tampak sebagai katalis volatilitas potensial, dan tidak ada yang ingin terjebak offside jika penciptaan lapangan kerja melambat lebih dari yang diharapkan,” tambah Schamotta.

Indikator kunci lainnya, indeks biaya tenaga kerja AS (ECI), juga meningkat. ECI, ukuran terluas dari biaya tenaga kerja, naik 1,3 persen di kuartal terakhir setelah melaju 1,4 persen pada periode Januari-Maret, Departemen Tenaga Kerja mengatakan pada Jumat (29/7/2022).

Indeks secara luas dipandang sebagai salah satu pengukur yang lebih baik dari kelesuan pasar tenaga kerja dan prediktor inflasi inti.

Action Economics, dalam blognya setelah data AS, mengatakan ECI adalah salah satu metrik yang mengkhawatirkan The Fed dan menyebabkan porosnya naik ke 75 basis poin.

Baca juga: Harga minyak naik di atas 2 dolar, harapan pasokan OPEC+ naik meredup

Pasca-data pada Jumat (29/7/2022), pasar berjangka telah memperkirakan peluang 72 persen untuk kenaikan 50 basis poin pada pertemuan kebijakan Fed September, dengan probabilitas 28 persen untuk kenaikan suku bunga 75 basis poin.

Pasar suku bunga juga memprediksi bahwa suku bunga dana fed akan mencapai puncaknya pada Februari 2023. Berdasarkan data, pasar berjangka bertaruh bahwa suku bunga Fed Fund tertinggi akan tercapai Desember ini.

Euro naik 0,2 persen terhadap dolar menjadi 1,0213 dolar AS.

Terhadap yen, dolar turun 0,7 persen menjadi 133,42 yen. Greenback juga mencatat penurunan persentase bulanan terbesar sejak Juli 2020.

Yen adalah taruhan short utama dari perdagangan diferensial suku bunga yang melebar antara Amerika Serikat dan rekan-rekan globalnya, dengan net short pada mata uang, meskipun terjadi kemunduran baru-baru ini, di atas rata-rata historis di 5,4 miliar dolar AS.

Baca juga: Dolar melemah terhadap yen, dipicu perkiraan Fed kurangi pengetatan

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!