News  

Diterjang Gelombang Tinggi Laut Selatan, Puluhan Rumah di Pesisir Palabuhanratu Rusak

Suara.com – Gelombang tinggi yang menghantam pesisir selatan Sukabumi, tepatnya di kawasan Palabuhanratu mengakibatkan puluhan rumah rusak, bahkan beberapa di antaranya mengalami kerusakan berat.

Peristiwa gelombang tinggi tersebut diketahui terjadi pada Minggu (3/7/2022).

“Ada 38 rumah yang berada di Kampung Cipatuguran dan Rawakalong, Kecamatan Palabuhanratu terdampak bencana gelombang tinggi tersebut,” kata Manejer Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops BPBD) Kabupaten Sukabumi Nanang Sudrajat seperti dikutip Antara.

Berdasar informasi yang dihimpun BPBD, 38 rumah yang rusak tersebut menyebar di dua kampung, yakni Kampung Rawakalong 17 unit yang enam di antaranya rusak berat, satu rusak sedang dan 10 rusak ringan.

Baca Juga:
18 Rumah Warga di Medan Rusak Diterjang Puting Beliung

Sementara 21 rumah rusak lainnya berada di Kampung Cipatuguran yang kondisinya masih terancam.

Meski tak ada korban jiwa, sejumlah keluarga terpaksa harus mengungsi ke tempat yang lebih aman karena rumahnya rusak berat atau tidak bisa dihuni lagi.

Pihaknya juga sudah menugaskan Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Palabuhanratu untuk berkoordinasi dengan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Palabuhanratu untuk melakukan assessment dan penanggulangan lainnya.

“Kami pun mengimbau kepada warga khususnya yang tinggal di daerah pesisir untuk waspada, karena prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gelombang tinggi ini akan terjadi beberapa hari ke depan,” katanya.

Sementara itu, seorang Warga Kampung Rawakalong Aden Mudri mengatakan gelombang tinggi tersebut mulai masuk ke permukiman warga pada Minggu (3/7/2022) pagi sekitar pukul 09.00 WIB.

Baca Juga:
Angin Puting Beliung Terjang Medan, 18 Rumah Warga Rusak

Volume air laut yang masuk kemudian terus bertambah, sehingga menyebabkan rumah tetangganya jebol dan rusak berat.


Artikel ini bersumber dari www.suara.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!