News  

Asosiasi Pemerintahan Kota ingin ambil peran dalam pemulihan ekonomi

Padang (ANTARA) – Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) menyatakan ingin turut berperan dalam pemulihan ekonomi setelah pandemi COVID-19 melanda.

“Kami para wali kota se-Indonesia ingin ambil peran dalam pemulihan ekonomi, salah satunya dengan mempererat kerja sama di bidang perdagangan dan UMKM,” kata Ketua Dewan Pengurus Apeksi Bima Arya di Padang, Minggu malam.

Ia menyampaikan hal itu saat acara makan malam bersama para wali kota di seluruh Indonesia yang merupakan kegiatan pembuka Rapat Kerja Nasiona Apeksi XV digelar di Padang pada 7-10 Agutus 2022.

Menurut Wali Kota Bogor itu pihaknya menghadirkan Menteri Perdagangan untuk berbagi upaya percepatan di bidang ekonomi.

“Salah satunya bersama-sama menstabilkan harga bahan pokok, mendorong produksi dan distribusi berjalan lancar yang semua ini kewenangannya ada di wali kota,” kata dia.

Ia melihat saat ini terdapat sejumlah regulasi di lapangan yang menjadi persoalan seperti kebijakan penghapusan honorer.

“Ini menimbulkan polemik sehingga perlu dibicarakan dan dilakukan kajian dampaknya untuk disampaikan kepada pemerintah pusat,” kata dia.

Selain itu, pihaknya juga melakukan konsolidasi menjelang pelaksanaan pemilu kepala daerah.

“Akan banyak pejabat yang menjadi pelaksana tugas kepala daerah jangan sampai kepemimpinannya turun dari target yang telah dirancang sebelumnya,” ujar dia.

Pelaksanaan Rakernas Apeksi diawali pada Minggu 7 Agustus 2022 dengan makan malam bersama serta pembukaan pameran kota seluruh Indonesia.

Baca juga: Rakernas Apeksi XV di Padang angkat delapan agenda

Lalu, Senin 8 Agustus 2022 digelar kegiatan Ladies Program di Hotel Santika diikuti oleh seluruh istri wali kota menggunakan pakaian tradisional daerah masing-masing.

Sementara Pembukaan Rakernas Apeksi XV dilaksanakan pada Senin (8/8) di Hotel Truntum.

Di hari yang sama, seluruh wali kota beserta istri dijadwalkan menanam pohon durian di Sungai Lareh.

Setelah penanaman pohon durian kemudian kegiatan dilanjutkan dengan peresmian Tugu Apeksi di Kompleks Perkantoran Balaikota di Air Pacah pukul 19.00 WIB.

Pada hari ketiga pelaksanaan Rakernas Apeksi XV di Padang dimulai dengan agenda bersih-bersih Pantai Padang pada pukul 06.00 WIB.

Kemudian dilanjutkan dengan gowes dan sarapan, serta kegiatan memasak rendang dan membuat teh telur di Pantai Padang.

Selanjutnya pada pukul 09.00 WIB digelar Seminar Nasional Dinas Lingkungan Hidup se-Indonesia bertemakan pengelolaan sampah perkotaan.

“Pada hari itu juga ditentukan siapa yang menjadi tuan rumah Rakernas Apeksi tahun 2023. Dan malam harinya digelar Pawai Budaya Nusantara di jalan utama Pantai Padang,.

Terakhir penutupan Indonesia City Expo 2022 dilakukan pada hari terakhir Rakernas Apeksi dan seluruh wali kota beserta istri akan berjalan-jalan keliling Padang hingga berwisata kuliner.

Sementara Wali Kota Padang Hendri Septa menyebutkan Rakernas kali ini diikuti oleh 94 wali kota dan dihadiri sekitar lima ribu delegasi.

Baca juga: Bima Arya serukan optimistis karena pandemi akan berakhir

Baca juga: Polresta Padang kerahkan ratusan personel amankan Rakernas Apeksi 2022

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!