redaksiutama.com – Lalu, apa yang sebenarnya terjadi dengan Ratu Elizabeth II? Berikut kronologi masalah kesehatan terbarunya.

21 Oktober 2021

Sang Ratu harus dilarikan ke rumah sakit dan menjalani observasi awal tentang penyakit yang dideritanya. Menurut juru bicara Istana Buckingham, Ratu hanya memerlukan beberapa waktu untuk rehat sejenak dari kegiatan Kerajaan dan memilih untuk beristirahat di Kastil Windsor.

20 Februari 2022

Di bulan Februari 2022, tiba-tiba pihak Kerajaan Inggris mengungkap bahwa Ratu Elizabeth II dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 dan mengalami gejala seperti pilek ringan.

Media Inggris melaporkan bahwa Ratu telah menerima vaksinasi Covid-19 dan kemungkinan besar tertular dari kegiatan di luar kerajaan.

29 Maret 2022

Setelah menderita virus corona, Ratu akhirnya tampil di hadapan publik lagi untuk pertama kali. Kemunculannya ini setelah sang ratu sembuh dan melewati pemulihan pasca terinfeksi Covid-19.

Ratu Elizabeth II terlihat bergabung dengan keluarga kerajaan serta para pejabat tinggi Inggris lainnya pada upacara peringatan untuk menghormati suaminya, Pangeran Philip.

2-5 Juni 2022

Perayaan “Platinum Jubilee Weekend” untuk merayakan 70 tahun pemerintahan Ratu Elizabeth II menampilkan berbagai acara dan kegiatan komunitas untuk memeriahkan perayaan ini, termasuk parade ulang tahun, yang dikenal sebagai “Trooping the Colour.

Kegiatan lainnya yaitu kebaktian di St. Katedral St. Paul, pacuan kuda, dan pesta jalanan nasional. Namun di dalam berbagai acara tersebut, Ratu Elizabeth II ternyata tidak menghadiri kebaktian gereja, setelah merasa tidak sehat selama parade hari pembukaan.

6 September 2022

Lama tak muncul di publik, pada 6 September 2022 Sang Ratu Elizabeth II dikabarkan bertemu dengan Perdana Menteri Boris Johnson dan penggantinya, Liz Truss, di Istana Balmoral Skotlandia.

Hal ini menjadi suatu hal yang “mendobrak” tradisi, karena seharusnya peraturan untuk melakukan pertemuan dengan Ratu dilakukan di London, bukan di tempat lain.

7 September 2022

Ratu Elizabeth II menunda pertemuan Dewan Penasihat setelah dokter menyarankannya untuk beristirahat penuh.

8 September 2022

Keluarga Kerajaan mengeluarkan pernyataan yang mengatakan Ratu Elizabeth II berada di bawah pengawasan medis di Istana Balmoral, karena para dokter mengkhawatirkan kesehatannya.

Namun usai mengeluarkan pernyataan soal keadaan Ratu, keluarga kerajaan kembali mengumumkan bahwa Ratu Elizabeth II telah meninggal dunia di Istana Balmoral.