redaksiutama.com – Presiden keenam Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ) merayakan hari pertambahan usianya yang ke-73 pada 9 September 2022.

Putra sulung SBY , Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ) mengunggah beberapa video gabungan pada akun Instagram @agusyudhoyono di hari ulang tahun sang ayah.

Pada video, terdapat foto SBY dan Ani Yudhoyono (istri SBY ) yang menggendong AHY ketika bayi serta foto SBY , Ani, dan kedua anaknya di masa dahulu.

Terdapat juga cuplikan kegiatan SBY ketika masih menjabat jadi presiden. Ada juga rekaman ketika SBY menemani istrinya saat melakukan perawatan di Rumah Sakit Singapura.

Tak lupa, AHY menyisipkan video pidato SBY di forum internasional. Ada juga cuplikan SBY yang bernyanyi dengannya.

Dearest pepo (panggilan anak-anak SBY padanya), kami senantiasa mendoakan yang terbaik untukmu. Semoga pepo panjang umur serta senantiasa diberkahi kesehatan dan kebahagiaan lahir dan batin. Selamat ulang tahun yang ke-77 pepo, we love you so much (kami sangat mencintaimu). With love (dengan cinta), AHY , Annisa, Aira,” kata AHY .

Sampai dengan berita ini ditulis, unggahan AHY sudah disukai oleh lebih dari 2000 pengguna Instagram. Kolom komentar unggahan tersebut dipenuhi ucapan dari masyarakat.

Selamat ulang tahun Pak SBY , semoga panjang umur, sehat selalu, murah rezeki, dan bahagia bersama keluarga, Aamiin,” kata @dea***.

Selamat ulang tahun Bapak SBY , sehat dan bahagia selalu. Selalu kagum dengan beliau,” kata @adh***.

Selamat ulang tahun Pak SBY . Semoga bapak panjang umur, murah rezeki, sehat selalu, dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin YRA,” kata @nan***.

Susilo Bambang Yudhoyono lahir di Pacitan, Jawa Timur, 9 September 1949. SBY lulus dari Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia sebagai lulusan terbaik pada tahun 1973.

SBY menikah dengan Kristiani Herrawati (Ani Yudhoyono) pada 30 Juli 1976. Dari pernikahan ini, SBY dan Ani dikaruniai dua orang putra.

Anak pertama mereka adalah Agus Harimurti Yudhoyono yang lahir pada 10 Agustus 1978. Anak kedua mereka, Edhie Baskoro Yudhoyono lahir pada 24 November 1980.

SBY menjabat sebagai presiden RI sejak 2004-2014. Ia memenangkan pemilu pada dua periode. SBY merupakan presiden pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat.

Di masa jabatan 2004-2009, SBY didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Sementara pada periode kedua, ia didampingi oleh Wakil Presiden Boediono.***