Anggota DPR Ingatkan Pergantian Panglima TNI Jangan Didominasi Satu Matra

redaksiutama.com – Anggota Komisi I DPR Yan Permenas Mandenas mengingatkan agar hendaknya jabatan Panglima TNI tidak hanya selalu diduduki oleh satu matra.

Dalam hal ini, dia berharap pengganti Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa berasal dari matra yang berbeda. Diketahui, Andika berasal dari matra Angkatan Darat (AD).

“Ya saya pikir penting, supaya jangan sampai didominasi oleh suatu matra, kan itu kembali ke mekanisme internal,” kata Yan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Politisi Gerindra itu menyampaikan hal tersebut seiring sisa-sisa masa jabatan Andika menjelang masa pensiunnya sebagai Panglima TNI.

Adapun pada Desember 2022, Andika resmi memasuki masa pensiunnya.

Kendati mengingatkan soal pengganti Panglima TNI, Yan tetap menegaskan bahwa semua keputusan ada pada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Tapi semua kan hak prerogatif presiden yang kita hargai. Tapi tentunya secara internal harus bergilir supaya jangan sampai didominasi juga oleh salah satu matra,” jelasnya.

Menurut Yan, hal tersebut justru akan membuat TNI menjadi lebih baik.

Sementara itu, dia mengatakan bahwa hingga kini belum ada pembahasan soal nama pengganti Panglima TNI setelah Andika.

Komisi I masih menunggu Presiden Jokowi mengirim surat presiden (surpres) pergantian panglima TNI ke DPR, yang rencananya akan dikirimkan pada hari ini.