redaksiutama.com – Siapa nama asli Ratu Elizabeth II ? Nama asli dari Ratu Elizabeth II mungkin masih jarang diketahui. Ratu Inggris yang kini telah menghembuskan napas terakhirnya ini memiliki nama asli Elizabeth Windsor.

Seperti dilansir AFP, Jumat (9/9), Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Kabar itu dilaporkan oleh Istana Buckingham. Akun Twitter The Royal Family menyatakan Ratu Elizabeth II meninggal di Istana Balmoral. Ratu Elizabeth II wafat di usia 96 tahun setelah memimpin kerajaan Inggris selama 70 tahun.

Berikut ini informasi tentang sosok Ratu Elizabeth II yang kini telah meninggal dunia.

Mengutip dari situs Britannica, berikut adalah informasi tentang profil dari Ratu Elizabeth II alias Elizabeth Windsor.

Nama asli Ratu Elizabeth II adalah Elizabeth Alexandra Mary Windsor. Dilansir BCC, Jumat (9/9), Elizabeth Windsor lahir pada tanggal 21 April 1926. Dia lahir di sebuah rumah dekat alun-alun Berkeley yang ada di pusat kota London.

Masa Kecil Elizabeth Windsor

Elizabeth adalah anak perempuan tertua dari Albert atau Duke of York, yang merupakan putra kedua Raja George V dan istrinya yang dikenal sebagai Lady Elizabeth Bowes-Lyon.

Baik Elizabeth maupun adiknya, Margaret Rose (yang lahir pada 1930) mendapat pendidikan pribadi di rumah dan dibesarkan di tengah keluarga yang hangat. Elizabeth sangat dekat baik dengan ayah maupun kakeknya, Raja George V.

Pada usia enam tahun, Elizabeth mengatakan pada pelatih berkudanya bahwa dia ingin menjadi ‘perempuan desa yang memiliki banyak kuda dan anjing’.

Keluarga Elizabeth Windsor

Dilansir The Royal Household, Ratu Elizabeth II tumbuh dalam keluarga yang penuh kasih dan suportif dengan saudara perempuannya Margaret dan orang tuanya The Duke dan Duchess of York (kemudian Raja George VI dan Ratu Elizabeth). Mereka menjalani kehidupan yang relatif tenang sampai ayahnya yang tak terduga naik takhta pada tahun 1936.

Ketika Raja George V meninggal pada 1936, anak tertuanya, David, otomatis menjadi Raja Edward VIII. Namun, pilihan istrinya yang merupakan janda cerai dua kali asal Amerika Serikat, Wallis Simpson, dinilai tak bisa diterima atas alasan politik maupun agama.

Maka dari itu, David akhirnya mengundurkan diri. Dengan begitu, Duke of York, ayah Elizabeth Windsor, kemudian dinobatkan menjadi Raja George VI, dan dengan istrinya kemudian dikenal sebagai Ratu Elizabeth.

Elizabeth Menikah dengan Philip

Pada 1939, saat berusia 13 tahun, Elizabeth menemani Raja dan Ratu ke Akademi Angkatan Laut Kerajaan di Dartmouth, bersama dengan adiknya, Margaret. Keduanya dipandu oleh salah seorang kadet yang merupakan sepupu ketiganya, Philip, seorang pangeran dari Yunani.

Momen itu sejatinya bukan kali pertama bagi mereka bertemu namun untuk pertama kalinya keduanya merasakan ketertarikan satu sama lain. Sempat mengalami beberapa tantangan, akhirnya pada 1947, Elizabeth direstui menikah dengan Philip.

Pernikahan Elizabeth dan Philip berlangsung pada November 1947. Menurut Winston Churchill, pernikahan mereka adalah sebuah ‘kilatan warna’ di Inggris pasca perang yang suram.

Elizabeth Jadi Ratu Kerajaan Inggris

Setelah pernikahan Elizabeth dan Philip, pada 1948, lahir anak pertama mereka bernama Charles. Kemudian, anak kedua mereka lahir pada 1950 bernama Anne.

Pada tahun 1952, kabar duka datang dari ayah Elizabeth, Raja George VI meninggal dunia. Sebagai pewaris takhta kerajaan Inggris yang sah, Elizabeth lantas dinobatkan sebagai Ratu Inggris dengan gelar Ratu Elizabeth II.

Untuk diketahui, Elizabeth Windsor menjadi Ratu Inggris dengan gelar Ratu Elizabeth II lantaran gelar Ratu Elizabeth atau Ratu Elizabeth I adalah gelar yang diemban oleh ibunya, setelah menikah dengan Raja George VI.

Setelah memimpin kerajaan Inggris selama 70 tahun, pada 8 September 2022, Ratu Elizabeth II menghembuskan napas terakhirnya. Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usianya yang ke 96 tahun.

Setelah Ratu Elizabeth II tutup usia, putranya, Charles lantas mewarisi takhta kerajaan Inggris. Charles kini menjadi Raja Inggris baru yang bergelar Raja Charles III.

Selanjutnya, putra Charles, Pangeran William, pun menjadi pewaris tahta kerajaan Inggris berikutnya. Menurut urutan tahta keluarga kerajaan Inggris, William menjadi yang pertama dalam barisan pewaris tahta kerajaan Inggris berikutnya.

Jadi, siapa nama asli Ratu Elizabeth II ? Nama lengkap Ratu Elizabeth II adalah Elizabeth Alexandra Mary Windsor.