redaksiutama.com – Ratu Elizabeth II meninggal di usia yang ke-96 tahun pada Kamis, 8 September 2022 di Istana Balmoral, Skotlandia.

Pemerintah Inggris pun langsung mempersiapkan beberapa tindakan menyusul kematian sang pemimpin, salah satunya memulai operasi London Bridge ( Operation London Bridge ).

Di dalam Operasi London Bridge, terdapat protokol spesial bernama Operation London Bridge yang menandakan perubahan besar di Inggris.

Apa itu Protokol Operation London Bridge ? Apa kaitannya dengan pemerintah Inggris?

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Business Insider pada Jumat, 9 September 2022, pemerintah Inggris sudah sejak lama menyiapkan skenario terburuk jika suatu saat Ratu Elizabeth II meninggal dunia. Skenario tersebut dikenal sebagai Operation London Bridge .

Operasi ini akan dijalankan setelah muncul protokol Operation London Bridge yang menandakan kematian dari Ratu Elizabeth II sebagai pemimpin tertinggi di Inggris.

Di dalam rencana ini, terdapat serangkaian rencana yang akan dilakukan hingga beberapa Minggu setelah Ratu Elizabeth II meninggal dunia.

Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Hari 0 (Hari Kematian Ratu Elizabeth II )

Sekretaris pribadi Ratu Elizabeth II , Edward Young akan mengabarkan kematian dari Ratu Elizabeth II ke Perdana Menteri Inggris saat ini (Liz Truss). Di dalam pesan akan terdapat tulisan ‘London Bridge is Down’ yang menandakan dimulainya Operation London Bridge .

Dalam waktu singkat, 15 daerah yang menjadi kekuasaan Ratu Elizabeth II akan mendapatkan kabar kematiannya diikuti juga dengan 36 daerah persemakmuran lain yang berlanjut ke seluruh dunia dalam waktu singkat.

Bendera setengah tiang juga akan langsung dikibarkan di seluruh penjuru Inggris.

Tanda spesial berwarna hitam juga akan dipasang di depan Istana Buckingham yang menjadi tanda duka cita dari kematian Ratu Elizabeth II .

Di saat yang sama juga, anak tertua dari Ratu Elizabeth II , Pangeran Charles III akan langsung menjadi raja.

Ada kemungkinan juga bursa saham, bisnis, restoran, dan tempat lainnya akan tutup untuk berkabung di masa seperti ini.

Hari Pertama Ratu Elizabeth II Meninggal

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Ratu Elizabeth II, dari Pemimpin Terlama hingga Menikah dengan Sepupu

Pangeran Charles akan langsung menyampaikan pidato pertamanya sebagai raja di seluruh dunia dan disiarkan secara online.

Upacara seremonial juga akan dilakukan di beberapa tempat, salah satunya penembakan meriam di Hyde Park, London.

Tak lama setelah itu, Pangeran Charles akan langsung melakukan serangkaian tur ke wilayah-wilayah Inggris untuk mengunjungi para pemimpin wilayah seperti Edinburgh, Belfast, dan Cardiff, sebelum akhirnya kembali ke London sebelum pemakaman ibunya.

Hari Keempat Ratu Elizabeth II Meninggal

Baca Juga: Dari Lagu Kebangsaan hingga Paspor, Perubahan Terjadi Usai Wafatnya Ratu Elizabeth II

Peti jenazah dari Ratu Elizabeth II akan dibawa diikuti serangkaian prosesi militer kerajaan.

Dari Buckingham Palace, rombongan peti jenazah yang dibawa kereta kuda ini akan menuju Westminster Hall di mana jasad dari Ratu Elizabeth II akan disimpan di tengah-tengah gereja.

Di sini, jasad dari Ratu Elizabeth II bisa dilihat langsung oleh masyarakat Inggris selama 4 hari ke depan dalam durasi waktu 23 jam sehari.

Hari Kesepuluh Ratu Elizabeth II Meninggal

Baca Juga: Ferdy Sambo Selesai Jalani Tes Kebohongan, Polri Rahasiakan Hasilnya

Pada hari ini, prosesi pemakaman dari Ratu Elizabeth II akan dimulai. Di saat ini akan menjadi libur dari berbagai institusi di Inggris, salah satunya bank-bank nasional di sana.

Penutupan juga tak hanya dilakukan pada bank, tapi juga pada pasar saham dan sejumlah bisnis lainnya.

Pada hari pemakaman, pukul 11.00 siang, sebuah bel akan dibunyikan di jam Big Ben di mana seluruh rakyat akan mengheningkan cipta.

Pada saat ini juga, peti jenazah Ratu Elizabeth II akan dibawa dari dalam Westminster Abbey ke acara pemakaman yang dihadiri oleh 2.000 undangan tertentu di Kastil Windsor.

Dari Kastil Windsor, jasad Ratu Elizabeth II akan dibawa ke St George Chapel yang menjadi tempat persemayaman terakhir sang ratu.

Satu Hari Setelah Pemakaman Ratu Elizabeth II

Bendara setengah tiang akan dinaikkan kembali pada pukul 08.00 pagi hari satu hari setelah kematian dari Ratu Elizabeth II .

Satu Tahun Setelah Ratu Elizabeth II Meninggal

Upacara resmi pengangkatan Pangeran Charles sebagai raja akan segera digelar pihak Kerajaan Inggris.***