redaksiutama.com – Adapun tema dalam forum ini yaitu Indonesia Youth Movement Leaders for a Better World dengan tujuan memberikan rekomendasi topik bahasan untuk mendukung pelaksanaan KTT G20 di Bali.

Forum Indonesian Youth Movement Leaders for G20 Belitung juga dihadiri oleh PJ Gubernur Bangka Belitung Ridwan Djamaludin.

Dalam sambutannya Saddam menyampaikan bahwa forum ini adalah forum yang luar biasa karena forum ini diinisasi pemuda Bangka Belitung untuk membicarakan dunia melalui naskah rekomedasi untuk KTT G20 Indonesia.

“KTT G20 adalah forum dimana negara kelompok 20 ikut serta di dalamnya untuk merumuskan suatu kebijakan dalam rangka proses pemulihan pasca-Covid seperti tema G20 yaitu Recover Stronger, Stronger Together sehingga kesempatan ini menjadi kesempatan yang luar biasa untuk pemuda Bangka Belitung agar bisa berkontribusi untuk Indonesia dan dunia,” kata Saddam dalam keterangan yang diterima, Jumat (9/9/2022).

Saddam mengatakan pemuda yang hadir harus memiliki wawasan kebangsaan yang kuat untuk mampu menerjemahkan setiap wacana di daerahnya berdasarkan paradigma ke-Indonesia-an agar memiliki gagasan perdamaian yang kuat di dalam forum Internasional.

Selain itu, Saddam menginginkan perlu ada gerakan serupa di daerah-daerah lain dan AAYG siap mendukung itu.

Dalam kesempatan yang sama Dede Irawan selaku Ketua Umum Badko HMI Sumbagsel sekaligus inisiator acara ini menyampaikan hal yang sama terkait peran pemuda dalam menyikapi agenda G20 Belitong

“G20 Belitong adalah agenda strategis bagi pemuda bisa memberikan ide dan gagasan, karena jika kita belajar dari sejarah bangsa Indonesia, ide dan gagasan pemudalah yang kemudian bisa menyatukan Indonesia,” katanya.

Sebagai bagian dari kepedulian pemuda pemudi bangka Belitung dengan agenda besar G20 Belitong maka di akhir acara delegasi yang hadir mendeklarasikan yang lahir dari hasil Focus Group Discussion dalam Youth Policy Forum dalam bentuk rekomedasi pembahasan dalam G20 tentang 4 Pilar SGds.

Agenda Forum Indonesian Youth Movement Leaders for G20 Belitung diakhiri foto bersama sebagai bentuk dukungan terdahap acara G20 Belitung.

Tinjau Venue KTT G20, Wapres Lihat Mobil Listrik yang akan Dipakai para Kepala Negara