ART Ferdy Sambo Beri Keterangan Berbelit di Persidangan, Pakar Hukum Nilai Saksi Seakan Menghafal

redaksiutama.com – Sidang beragendakan mendengar keterangan saksi yang diajukan oleh jaksa penuntut umum (JPU).

Saksi pertama yang dihadirkan adalah Susi selaku asisten rumah tangga (ART) keluarga terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi .

Dalam persidangan saksi Susi sering mendapat teguran hakim lantaran keterangannya yang tidak konsisten.

Melihat hal ini, pakar hukum pidana, Jamin Ginting menilai keterangan yang disampaikan saksi atas nama Susi lebih terlihat menghafal catatan yang sudah ada dalam pikirannya ketimbang menerangkan kebenaran faktual.

Hal ini terlihat saat saksi Susi sudah menjawab padahal hakim belum bertanya.

“Bahkan beberapa kali hakim menanyakan suatu keadaan di mana dia belum ditanyakan tapi dia sudah menjawab. Berarti memang ada suatu catatan yang ada dalam pikirannya yang harus dia sampaikan, bukan hanya dia ketahui, tapi mindset yang ada pada dirinya yang tidak tahu asal muasalnya dari mana,” kata Jamin Ginting seperti dikutip dalam live streaming Kompas TV, Senin.

Menurutnya keterangan saksi seperti Susi yang berbelit akan menyulitkan hakim untuk menggali lebih dalam kebenaran faktual.

Pada kondisi ini, ia menyebut hakim bisa menghentikan pemeriksaan terhadap saksi Susi dan menempatkannya pada tempat khusus sementara agar keterangan yang bersangkutan tidak diganggu oleh pihak luar yang berkepentingan.

“Kecuali memang hakim terlebih dahulu menghentikan dalam pemeriksaan dan menempatkan pada tempat khusus sementara,” ucapnya.

Pakar Hukum: Konsistensi Keterangan Para Terdakwa Obstruction Of Justice Berpotensi Beratkan Sambo

Privacy Policy

We do not collect identifiable data about you if you are viewing from the EU countries.For more information about our privacy policy, click here