Al Syami kirim 54 mahasiswa untuk belajar ke Suriah

redaksiutama.com – Ikatan Alumni Syam Indonesia (Al Syami) kembali mengirimkan 54 mahasiswa untuk belajar ke Damaskus, Suriah.

“30 mahasiswa masuk ke program S-1 di Universitas Bilad al Syam cabang Mujamma’ Syekh Ahmad Kaftaro dan 24 mahasiswa masuk program non S-1 di Cham Islamic International College,” ujarKetua Umum Al SyamiKHAhmad Fathir Hambali dalam keterangannyadi Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan bahwa setiap tahun, Al Syami mengirimkan sejumlah mahasiswa untuk belajar di Damaskus.

Pengiriman mahasiswa itu merupakan amanat yang dipercayakan oleh Kementerian Wakaf Suriah kepada Al Syami melalui Universitas Bilad al-Syam dan Cham International College, kata dia.

Sekretaris Umum Al SyamiMNailur Rochman menambahkan bahwa keberangkatan mahasiswa telah melalui proses seleksi di beberapa wilayah di Indonesia.

“Ada 8 provinsi yang menjadi tempat seleksi di seluruh wilayah Indonesia: Sumatera Utara, Riau, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan,” kata dia.

Para mahasiswa itu telah melalui beberapa tahap seleksi berupa tes tertulis, tes lisan dan wawancara, ujar dia.

Pelepasan mahasiswa dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Azhar Ummu SuwanahdiCipondoh, Kota Tangerang, yang dihadiri Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimun.

Dalam sambutannya, Yasin berharap semoga para mahasiswa yang telah lulus seleksi ini dapat memaksimalkan waktu sebaik-baiknya dan mengambil berkah dari para ulama selama belajar di “Negeri Syam”.