Tokopedia Sesuaikan Biaya Layanan dan Biaya Bebas Ongkir Mulai 2 Januari 2023

redaksiutama.com – Tokopedia akan menaikkan biaya layanan untuk regular merchant, power merchant, dan power merchant pro serta layanan bebas ongkos kirim (ongkir) mulai 2 Januari 2023.

Dilansir dari laman Pusat Edukasi Seller Tokopedia, besaran biaya layanan Tokopedia akan dihitung berdasarkan kategori produk terjual.

Bagi regular merchant, biaya layanan Tokopedia ini juga akan berlaku mulai dari transaksi ke-101 dan seterusnya. Dengan demikian, setiap toko baru di Tokopedia akan mendapatkan bebas biaya layanan hingga 100 transaksi pertama.

Adapun perubahan biaya layanan per produk terjual untuk regular merchant dibagi menjadi 5 kategori grup, yaitu grup 1 sebesar 3,8 persen, grup 2 sebesar 3 persen, grup 3 sebesar 2,6 persen, grup 4 sebesar 1,6 persen, dan grup 5 sebesar 1 persen.

Sementara penyesuaian biaya layanan Tokopedia untuk power merchant dan power merchant pro juga dibagi menjadi 5 kategori grup, yaitu grup 1 sebesar 4,5 persen, grup 2 sebesar 3,8 persen, grup 3 sebesar 3,1 persen, grup 4 sebesar 1,8 persen, dan grup 5 sebesar 2 persen.

Untuk mengetahui detail produk yang dijual masuk ke kategori grup mana, maka dapat dilihat di laman https://seller.tokopedia.com/edu/biaya-layanan-tokopedia/.

Pihak Tokopedia menyebut, biaya layanan ini sudah kompetitif sesuai dengan kategori produk yang terjual di masing-masing merchant.

Selain biaya layanan untuk penjual, platform e-commerce di bawah naungan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk ini juga menyesuaikan ketentuan program bebas ongkir Tokopedia Rp 20.000 untuk pembeli dan penjual.

Program bebas ongkir Tokopedia ini berlaku di tanggal-tanggal spesial, seperti WIB (Waktu Indonesia Belanja) dan tanggal 9–12 tiap bulannya.

Ketentuannya, pembeli yang berbelanja minimal Rp 20.000 bisa menikmati bebas ongkir dengan biaya kirim ditanggung oleh Tokopedia hingga Rp 20.000 untuk pengiriman dalam pulau yang sama dan hingga Rp 40.000 untuk pengiriman antarpulau.

Dalam ketentuan baru ini, penjual tetap dikenakan biaya layanan bebas ongkir Tokopedia sebesar 4 persen untuk regular merchant, power merchant, dan power merchant pro yang dihitung dari kuantitas produk terjual.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

error: Content is protected !!