Terungkap! Ini yang Bikin Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Molor

redaksiutama.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap kendala pada proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). Hal ini ia sampaikan saat meninjau langsung progres proyek di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung.

Jokowi mengatakan, salah satu kendala proyek KCJB adalah pembangunan tunnel (terowongan) 2 dan tunnel 11. Ini disebabkan kondisi tanah yang sulit dikendalikan.

“Kendala saat buat terowongan di tunnel 2, di tunnel 11 memang ada masalah karena tanahnya yang sangat sulit dikendalikan. Tetapi Alhamdulillah sekarang sudah selesai,” kata Jokowi, Kamis (13/10/2022).

Sebagai informasi, tunnel 2 berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat. Sedangkan Tunnel 11 berlokasi di Kecamatan Padalarang dan Kecamatan Cimahi Selatan, Kabupaten Bandung Barat.

Masalah lainnya adalah terkait pandemi COVID-19. Jokowi mengakui pandemi COVID-19 memperlambat penyelesaian proyek ini.

“Pandemi nggak ada urusannya dengan kereta cepat, tapi memperlambat iya,” ujarnya.

KCJB sendiri sempat ditargetkan selesai pada Desember 2022. Namun, penyelesaian hingga saat ini baru mencapai 88,8%.

Jokowi mengatakan, KCJB diharapkan beroperasi pada Juni 2023. “Dan peluncuran nanti untuk operasional Insyaallah di bulan Juni 2023.

Dalam kesempatan itu, Jokowi belum mau berkomentar banyak terkait perasaannya soal KCJB. Ia masih menunggu KCJB benar-benar beroperasi.

“Kalo sudah jadi baru bisa komentar. Ini kan masih belum. Nanti kalau sudah naik dari Bandung ke Jakarta hanya 30 menit itu baru saya komentar,” pungkasnya.

error: Content is protected !!