Solusi Memproduksi Baja Tanpa Merusak Iklim, Salah Satunya Menetapkan Pajak Emisi

redaksiutama.com – Bahan ajaib ini bertanggung jawab atas hampir 10% pemanasan global, tetapi solusi untuk membersihkan baja termasuk mahal dan sulit untuk diukur. Baja adalah blok bangunan yang digunakan di kehidupan modern sekaligus pendorong perubahan iklim dan penting untuk menghentikannya.

Baja, logam yang murah, kuat, dan tahan lama digunakan dalam segala hal, mulai dari rumah, rumah sakit, hingga mobil, dan wastafel dapur. Baja adalah komponen penting turbin angin dan tiang listrik yang dibangun para pemimpin dunia untuk mengakhiri ketergantungan kita terhadap bahan bakar fosil.

“Ini seperti sumber kehidupan ekonomi. Ini memberi pasokan ke setiap sektor,” Gauri Khandekar, analis di Free University of Brussels yang mempelajari dekarbonisasi (menghilangkan atau mengurangi emisi karbon) industri berat.

Membuat logam juga merupakan salah satu alasan perubahan iklim. Industri ini bertanggung jawab atas 7-9% dari polusi gas rumah kaca yang memerangkap sinar matahari, memanaskan planet, dan membuat gelombang yang lebih panas dan siklon tropis atau badai dahsyat di sekitar daerah tropis dan subtropis yang lebih kuat.

Pembuatan baja sangat mencemari lingkungan karena melibatkan pemanasan bijih besi dengan energi yang sangat besar dalam tanur tinggi (tungku untuk mengolah bijih besi) untuk mengekstraksi besi murni. Reaksi kimia yang dihasilkan akan melepaskan karbon dioksida.

Sekitar 75% baja dibuat dengan cara ini, kebanyakan dengan batu bara, bahan bakar fosil paling mencemari lingkungan, dalam tungku yang beroperasi selama 15-20 tahun sebelum perlu dihentikan atau diperbaiki dengan biaya besar.

Permintaan baja akan tumbuh sekitar sepertiganya pada 2050, menurut Badan Energi Internasional (IEA). Pilihan yang dibuat saat ini adalah tentang cara memproduksi baja sangat menentukan untuk memenuhi target suhu Perjanjian Paris (perjanjian internasional yang mengikat secara hukum tentang perubahan iklim), kata para analis.

“Tahun 2020-an adalah dekade yang sangat kritis dalam hal tersebut karena lebih dari 70% armada tanur tinggi global akan mencapai akhir masa pengoperasian dan memerlukan keputusan untuk diinvestasikan kembali,” kata Wido Witecka, analis baja di lembaga kebijakan iklim Jerman Agora Energiewende.

Namun, berbeda dengan sektor seperti listrik dan pertanian, ketika teknologi bersih seperti panel surya dan daging-dagingan nabati relatif murah dan mudah ditingkatkan, alternatif industri berat yang paling menjanjikan sebagian besar masih dikembangkan.

Banyak tantangan logistik yang enggan ditangani oleh pembuat kebijakan. Salah satu solusinya adalah menyingkirkan tanur tinggi berbahan bakar batu bara. Pembuat baja dapat mengekstrak besi dari bijih dengan mereaksikan batu dengan gas di fasilitas yang disebut pabrik besi reduksi langsung.

Butiran besi kemudian dibuat menjadi baja dalam tungku busur listrik, yang dapat dijalankan dengan listrik yang terbuat dari energi terbarukan. Menggunakan gas fosil pada langkah pertama lebih bersih daripada menggunakan batu bara, meskipun masih mencemari atmosfer dan memanaskan planet bumi.

Pabrikan Eropa seperti SSAB dan ThyssenKrupp yakin mereka dapat menjalankan pabrik ini dengan hidrogen, gas yang dapat dibuat bersih dengan energi terbarukan. Alih-alih atom oksigen dalam bijih bereaksi dengan atom karbon dalam bahan bakar fosil untuk membuat CO2, seperti yang mereka lakukan hari ini, mereka malah bereaksi dengan atom hidrogen untuk membuat H2O.

“Kecemerlangan dari konsep ini adalah, betul, Anda membutuhkan proses produksi baru, tetapi sebagai produk tambahan, Anda memiliki air, bukan karbon dioksida,” kata Witecka.

Pada 2021, SSAB mengumumkan telah mengirimkan sejumlah baja bebas fosil pertama ke produsen mobil Volvo, untuk membuat truk. Bisakah produksi baja dibuat lebih ramah lingkungan? Memproduksi hidrogen sebanyak ini secara bersih membutuhkan energi ramah lingkungan dalam jumlah besar dan dapat mengalihkan pasokan dari sektor lain yang sulit dibersihkan.

Membuat semua baja Eropa dengan hidrogen yang dihasilkan dari energi terbarukan akan membutuhkan 340 terawatt-jam (TWh) listrik ramah lingkungan, menurut satu studi baru-baru ini. Tahun lalu, turbin angin Uni Eropa menghasilkan listrik 437 TWh.

“Salah satu tantangan besar adalah ketika kami membangun fasilitas produksi hidrogen ini”

“Itu perlu terjadi di tempat-tempat yang memiliki kapasitas energi terbarukan itu,” kata Caitlin Swalec, analis baja di Global Energy Monitor nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat.

Pilihan lain bagi pembuat baja adalah menangkap karbon yang keluar dari pabrik baja dan menyimpannya di bawah tanah. Teknologi penangkapan dan penyimpanan karbon (CCS) melibatkan penangkapan polutan sebelum mereka lepas ke atmosfer. Tetapi belum jelas bagian emisi mana yang dapat ditangkap CCS dari baja atau berapa biayanya.

Prosesnya cenderung lebih mahal daripada di industri seperti semen karena pabrik baja memiliki banyak sumber polusi. Tetapi, proses untuk memenuhi target suhu dari IEA mengharapkan penangkapan karbon untuk menutupi setengah dari semua produksi baja pada tahun 2050. Itu akan membebaskan hidrogen untuk digunakan dalam proses lain yang sulit dibersihkan seperti pengiriman atau baja itu sendiri.

Akan tetapi, untuk sampai ke sana, menurut para analis, pembuat kebijakan perlu memberi insentif pada pengembangan CCS dengan mengenakan pajak emisi . Sehingga metode produksi tradisional mencerminkan biaya sosial dari polusi. Mereka juga perlu mendanai penelitian dan proyek percontohan untuk meningkatkan penangkapan CO2.

“Salah satu alasan mengapa kami tidak tahu jawaban atas pertanyaan seperti tingkat penangkapan atau bagaimana cara kerjanya dalam skala komersial adalah karena perusahaan baja tidak harus benar-benar mengurangi emisi mereka,” kata Eadbhard Pernot dari Clean Air Task Force, salah satu dari sekian organisasi lingkungan yang menyerukan lebih banyak investasi teknologi penangkapan karbon.

Bagaimana dengan daur ulang baja ? Para peneliti khawatir bahwa pembuat baja dapat menjanjikan perbaikan lama untuk menghindari tindakan saat ini juga. Jika pembuat baja tetap menggunakan tanur tinggi tetapi CCS tidak langsung menjadi murah atau efisien, batu bara sebagai bahan bakar akan terus mencemari atmosfer.

Jika membangun pabrik besi reduksi langsung dan tidak ada cukup hidrogen ramah lingkungan, mereka akan tetap menggunakan gas fosil untuk memurnikan bijih besi.

“Ini adalah risiko yang cukup besar””Perusahaan tidak bisa dibiarkan untuk mengambil keputusan sendiri,” kata Khandekar.

Untuk mengulur lebih banyak waktu, masyarakat bisa menggunakan baja dengan lebih hati-hati. Lebih dari seperempat baja sudah dibuat dengan kepingan daur ulang. Ada batasan seberapa sering baja dapat melalui proses ini, bahan-bahan tidak murni seperti nikel dan tembaga dapat tercampur dan melemah kan logam. Tetapi meningkatkan tingkat daur ulang akan mengurangi jumlah besi yang perlu dimurnikan.

Terlebih lagi, IEA mengatakan bahwa menggunakan baja secara lebih efisien dapat mengurangi 20% permintaan pada 2050. Pemerintah dapat menggunakan lebih sedikit baja dalam proyek, memelihara infrastruktur lebih lama, dan memperbarui kode bangunan nasional agar tidak terlalu boros.

Mereka bisa mengatur pembuat mobil untuk membuat mobil yang lebih ringan. “Kami tidak akan sepenuhnya lepas dari itu dan kami tidak akan pernah mencapai tingkat daur ulang 100%”

“Tapi kita pasti bisa melakukannya jauh lebih baik,” kata Swalec.***

error: Content is protected !!